Feat

Gerakan Sabtu Bersih Tanamkan Karakter Peduli Lingkungan


 
Siswa mendapat arahan untuk kegiatan sabtu bersih di lingkungan SMP Mutual
Suryawarta.Com- (Magelang) Esensi pendidikan bukan hanya sebuah proses transfer of knowledge (pengetahuan) saja, namun bagaimana pendidikan itu mampu menanamkan nilai-nilai kehidupan yang terimplementasikan dalam amal nyata. Saat ini, sampah masih menjadi masalah utama dalam kepedulian lingkungan. Dimasayarakat, kesadaran pentinnya peduli lingkungan masih belum menjadi kesadaran berjamaah. Oleh karena itu, SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang yang merupakan sekolah didalamnya mencantumkan visi tentang sekolah peduli lingkungan terus berkomitmen untuk mengembangkan budaya cinta lingkungan. Begitulah kata Wasiun selaku kepala sekolah saat ditemui setelah kegiatan sabtu bersih diruangannya.
 
Para siswa melakukan bersih-bersih dan perawatan taman sekolah
Wasiun menambahkan, gerakan sabtu bersih menjadi terobosan yang diambil oleh SMP Mutual Kota Magelang untuk menanamkan budaya cinta lingkungan. Kegiatan yang didesain setiap hari sabtu mulai pukul 06.30 WIB sampai dengan  07.50 WIB tersebut diharapkan mampu menanamkan sikap  peduli lingkungan dalam diri siswa. Masalah sampah seperti tidak ada habisnya, sehingga setiap diri harus sadar akan pentingnya peduli lingkungan.

“Gerakan sabtu bersih merupakan bagian dari hidden curriculum yang didesain oleh SMP Mutual untuk menanamkan karakter siswa hingga ia menemukan jati dirinya. Semoga dengan gerakan sabtu bersih ini, tingkat kepedulian lingkungan anak semakin meningkat dan terus tercipta sekolah yang asri, sehat, dan nyaman”, katanya.

Selain itu, Wasiun menambahkan bahwa guna meningkatkan keterlibatan siswa dalam hal wawasan lingkungan, dalam waktu dekat SMP Mutual akan membuat bank sampah. Diharapkan, dengan adanya bank sampah dapat menggugah jiwa kepedulian terhadap sampah dalam diri para siswa. Nantinya, para siswa akan mendapatkan rekening tabungan sampah dan bisa dicairkan dalam bentuk uang secara periodik per semester. Adapun siswa dapat menabung sampah botol, plastik, logam dan sejenis sampah an organik. Kegiatan tersebut akan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang melalui bank sampah tidar lestari yang dikelola oleh pemerintah Kota Magelang. Semua itu adalah bagian ikhtiar SMP Mutual dalam menanamkan karakter siswa. (Fury)



===========================================================
























============================================================






Search the newest info

and search the new info about car 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gerakan Sabtu Bersih Tanamkan Karakter Peduli Lingkungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel