Drama "Penjara Suci Para Santri" Tanamkan Karakter Siawa melalui Program Di Saturday Fun School

Foto : Penampilan drama yang berjudul Penjara Suci Para Santri oleh siawa kelas VIII Bilal Bin Rabbah
SURYAWARTA.COM-Magelang Banyak cara untuk mengedukasi siswa dalam menyampaikan suatu velue (nilai) sehingga dapat membangun sebuah karakter. Salah satunya adalah dengan memasukkan nilai-nilai karakter melalui sebuah drama yang dikemas menarik.

Sabtu (22/02), seperti biasa SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang mengadakan kegiatan Saturday Fun School yang salah satu performnya adalah drama. Penampilan menarik yang memiliki pesan moral itu diperankan oleh kelas VIII Bilal Bin Rabbah.

Judul tema drama kali ini diambil dari kisah nyata para siswa yang tinggal di boarding. Dengan judul Penjara Suci Para Santri, drama tersebut diperankan dengan mengambil pesan moral tentang kejujuran, perjuangan, dan dinamika kehidupan santri. Tantangan kehidupan pesantren yang mengharuskan para santri harus jauh dengan orang tua terkadang punya pesan tersendiri. 
Foto : Penampilan biola oleh siawa kelas VII Usman bin Affan dalam Saturday Fun School SMP Mutual

Alif salah satu siswa yang ikut berperan dalam drama tersebut mengatakan bahwa cerita ini diambil dari kisah nyata seorang santri boarding SMP Mutual. Dimana, ada siswa yang dihukum oleh ustadz boarding karena pelanggara.

"Kisah ini akan memberikan pesan dakwah bahwa jangan takut tinggal di boarding atau mondok. Sepertinya susah, namun kalau dijalani dengan ikhlas Insya Allah ada banyak pengalaman", kata alif yang juga santri boarding SMP Mutual dari Temanggung.

Wasi'un, M. PdI selaku kepala sekolah merasa bangga melihat kreatifitas para siswa yang semakin menarik dan percaya diri. 

"Saturday Fun School saya kira cukup memantik siswa untuk membuka potensinya. Mereka yang biasanya kurang aktif sudah mulai nampak percaya diri. Dan ini salah satu peran lembaga pendidikan yaitu mengantarkan peserta didik untuk terus berkarya dalam potensinya", ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut para siswa yang sudah dijadwal berdasarkan kelas juga menampilkan tahfidz, pidato bahasa inggris dan arab, tari tradisional, solo lagu dan juga perform biola.(mgl/fur)

1 comment:

  1. Sukses selalu utk anak2,tetap semangatπŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete

Gunakan LMS, Siswa SMP Mutual Punya Akun Masing-Masing Dalam Pembelajaran Era Pandemi

  SURYAWARTA.COM- Magelang Sampai saat ini, kejelasan untuk masuk sekolah belum pasti. Bukan soal kesiapan atau keberanian, namun kondisi i...