-->

Feat

Sulbar Diguncang Gempa, Relawan Muhammadiyah Langsung Dikerahkan

Foto : Relawan MDMC saat bertugas di lapangan

SURYAWARTA.COM-Nasional  Jumat (15/01/21), gempa mengguncang Sulawesi Barat tepatnya di Majene. Kejadian itu terjadi pada Pkl. 02.28 WITA, dini hari. Dampak yang terjadi cukup parah, termasuk korban meninggal dunia.

Merespon hal tersebut, Muhammdiyah langsung bertindak cepat. Melalui Muhammdiyah Disaster Management Center (MDMC), para relawan terus berkoordinasi dan dikerahkan untuk tanggap darurat.

Ketua umum MDMC PP Muhammadiyah, Budi Setiawan langsung menginstruksikan kepada jajaran MDMC Sulawesi Barat dan sekitarnya.

"Kami sudah berkoordinasi dengan MDMC Luwuk, Sulawesi Selatan, dan juga Sulawesi Tengah. Kita berangkat dan langsung assessment dilokasi", katanya dalam pers rilis.

Devisi Tanggap Darurat MDMC PP no, Indrayanto mengaku sudah koordinasi dengan MDMC setempat, hanya karena kerusakan parah jadi komunikasi agak sulit.

"Namun demikian, kita sudah lihat foto-foto dari MDMC sekitarnya yang sudah kita koordinasikan susah mulai bergerak", terangnya.

Lanjutnya, relawan MDMC saat ini masih fokus evakuasi korban yang terjebak reruntuhan bangunan. Dan saat ini MDMC PP Muhammadiyah akan mengerahkan sumber daya dari tim berbagai kluster seperti kesehatan, psikososial, hunian dan sanitasi.

"Hasil assessment sementara, kerusakan cukup masif. Kita akan mengerahkan sumberdaya secara maksimal", tambahnya.

Dikatakan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Lembaga Amil Zakat Infaq Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) untuk turut penggalangan dana secara nasional. 

"Kita gerakkan dengan management One Muhammdiyah One Respon (OMOR). Ini sudah menjadi pola gerakan Muhammdiyah jika terjadi bencana", pungkasnya.

Kontributor : Fury Fariansyah



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sulbar Diguncang Gempa, Relawan Muhammadiyah Langsung Dikerahkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel