-->

Feat

Cegah Tertular dan Menularkan Covid-19 PPMT Fikes UNIMMA Latih AKB Kelompok Rentan di Desa Jurang Temanggung


SURYAWARTA.COM-Magelang Kebijakan Presiden terkait pemberian booster vaksin khusus bagi lansia dan kelompok rentan,  sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19.  Kelompok rentan meliputi warga dengan penyakit kronis, atau kondisi risiko tinggi seperti ibu hamil, usia bayi, dan usia lanjut menjadi target utama dalam perlindungan pencegahan tertular dan menularkan Covid-19.

Ns. Sambodo Sriadi Pinilih, M.Kep.,Sp.Kep.J sebagai ketua tim Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT) Universitas Muhammadiyah Magelang, menyampaikan bahwa, pendampingan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) bagi masyarakat sangat penting. Karena vaksin hanya salah satu bentuk ikhtiar perlindungan diri, sedangkan kepatuhan masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan perlu menjadi budaya meskipun kasus kematian disebabkan Covid-19 sudah menurun.  

"Protokol kesehatan harus tetap dijaga. Jangan bangga hanya sudah adaptasi. Tetap waspada", pesannya",pesannya.

Tim PPMT ini beranggotakan 4 mahasiswa dari Prodi Ilmu Keperawatan. Tugas mereka diantaranya memberikan sosialisasi dan melatih warga kelompok rentan untuk melaksanakan AKB.  Kelompok rentan yang didampingi meliputi kelompok lansia, kelompok warga dengan penyakit hipertensi, diabetes mellitus, kelompok ibu hamil, dan ibu-ibu yang memiliki anak usia balita.  

Warga Desa Jurang, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung sangat antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan dalam 3 bagian, yaitu: Skrining kesehatan fisik dan jiwa,  sosialisasi dan pelatihan AKB, serta pendampingan pelaksanaan AKB dalam waktu satu bulan.  Kepatuhan warga kelompok rentan, sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, tidak hanya pada diri sendiri tetapi juga bermakna untuk keluarga dan warga disekitarnya. 

Budaya perilaku hidup sehat, tidak hanya berguna untuk mencegah tertular atau menularkan Covid-19 juga penyakit lainnya.  Tetapi juga meningkatkan kepedulian lingkungan untuk bergotong royong dalam menjaga kesehatan seperti hibauan Bapak Gubernur jawa Tengah dengan “Jogo Tonggo”.  

Tindak lanjut dari kegiatan ini, adanya upaya pemerintah Desa melalui kader PKK diwilayahnya, terus memantau AKB pada kelompok rentan serta mempromosikan pada seluruh warganya.  Sehingga bila membutuhkan rujukan layanan fasilitas kesehatan, dapat segera dilaporkan dan mendapat penanganan segera dari Puskesmas.  Universitas Muhammadiyah Magelang, melalui Fakultas Ilmu Kesehatan terus bersinergi dengan layanan profesional kesehatan dalam promosi dan prevensi terkait permasalahan kesehatan baik fisik dan psikososial di masyarakat akibat dari pandemic Covid-19.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cegah Tertular dan Menularkan Covid-19 PPMT Fikes UNIMMA Latih AKB Kelompok Rentan di Desa Jurang Temanggung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel