-->

Feat

Jelang Idul Adha, Lazismu Kota Magelang Adakan Rakorsus Dan Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban

 

Foto : Praktik langsung menyembelih hewan qurban dalam kegiatan Rakorsus

SURYAWARTA.COM-Magelang Sebanyak 40 peserta dari unsur Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM), Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM), Takmir Masjid dan juga Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) bersama Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Magelang. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula SMK Muhammadiyah Kota Magelang untuk menyambut hari raya qurban yang akan jatuh pada tanggal 28 Juni 2023/ 10 Dzulhijjah 1444 H berdasarkan hisab PP Muhammadiyah.

Selain rapat koordinasi, agenda dalam rangkaian acara ini adalah pelatihan penyembelihan hewan qurban bersama Juru Sembelih Halal Indonesia (Juleha).

Hadir juga dalam pembukaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang, Rifqi Muhammad. 

Dalam sambutannya, Rifqi mengapresiasi kerja-kerja Lazismu yang telah menyentuh dan aktif. Dirasa kegiatan bermanfaat seperti ini harus terus dikembangkan. Dan tentu, kolaborasi dengan majelis lembaga harus dibangun dengan baik.

"Termasuk penguatan dicabang ranting Muhammadiyah. Saya rasa ini sudah bagus, pasalnya menggandeng cabang ranting dan takmir masjid yang memang berafeliasi dengan Muhammadiyah", ucapnya.

Andi Triyanto selaku ketua Lazismu Kota Magelang menyampaikan bahwa tahun ini masih mengangkat tema "Qurbanmu Untuk Ketahanan Pangan". Konsep ini menjadi program dari pusat yang harus tersampaikan daerah bahkan cabang ranting sebagai gerakan yang diinisiasi oleh Muhammadiyah.

"Lazismu menawarkan inovasi qurban dengan pengemasan daging qurban menjadi rendangmu. Mengapa? Diharapkan mampu bertahan lama sebagai ketahanan pangan seperti darurat bencana, penebaran ke wilayah 3T (daerah terluar, terpencil dan terdalam). Selain itu juga untuk penguatan gizi jika terjadi gizi buruk diwilayah tertentu. Bertahan 2 tahun", jelasnya.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan qurban nanti Lazismu akan menggandeng PRM Rejowinangun Utara sebagai basis penyaluran hewan qurban. Pasalnya, ini menjadi program sinergi dan memang butuh support sebagai wilayah padat penduduk.

"Basis program ini berdasarkan peta dakwah ranting. Tahun lalu kita di PRM Wates, sehingga kita selalu keliling untuk memetakan dan mensupport syiar dakwah ranting", paparnya.

Sementara itu, untuk kawasan 3T saat ini Lazismu berkolaborasi dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Magelang. Sebagai ortom Muhammadiyah, IMM berkolaborasi untuk kegiatan baksos diwilayah Borobudur lereng bukit Menoreh.

"Inti dari rakorsus ini tentu menyatukan gerakan sebagaimana edaran PP Muhammadiyah. Jangan sampai dalam diri organisasi nantinya bergerak sendiri karena karena ini menjadi amanah persyarikatan",tegasnya.

Selain rapat, acara diisi juga pembahasan fiqh qurban oleh Kyai Djam'an Muhyidin dan juga dipungkasi dengan praktik langsung menyembelih hewan qurban dengan 1 kambing yang sudah disiapkan oleh Lazismu.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jelang Idul Adha, Lazismu Kota Magelang Adakan Rakorsus Dan Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel