MUHADHARAH AKBAR MEMBANGUN MENTAL SANTRI




Muhammadiyah Boarding School (MBS) Kota Magelang merupakan satu-satunya pesantren modern Muhammadiyah yang ada di Kota Magelang. Dalam mengembangkan potensi kecakapan berbicara di depan umum, maka santri diberikan wadah kegiatan dalam bentuk mukhadarah akbar. Kegiatan yang diikuti sebanyak 150 santri putra dan putri itu dilaksanakan dihalaman kampus MBS putri yang ada di Jalan Tidar Kota Magelang, sabtu (15/09/18).
Ahmad Haryanto, S. Pd.I selaku direktur MBS Kota Magelang mengatakan bahwa “Muhadharah Akbar” ini diharapkan mampu menjadi ajang ekspresi para santri dalam menggali potensinya untuk berbicara di depan masyarakat umum sehingga setiap santri kelak ketika lulus mendapatkan bekal kematangan mental untuk tampil didepan masyarakat umum. Minimal, santri dapat menyampaikan kultum dengan baik dan menarik.
“Muhadharah akbar ini tidak sekedar pidato, namun para santri diminta menampilkan satu tampilan baik secara pribadi atau kelompok untuk mengeksplorasi potensi yang ada dalam dirinya. Ada yang menampilkan music akapela, puisi bersambung, drama Islami, dan juga puisi kolosal. Semoga para santri tetap terus khidmad dalam belajar di MBS Kota Magelang”, Ujar Ahmad Haryanto.
MBS Kota Magelang memang didesain untuk santri yang masih sekolah di jenjang SMP dan SMA. Sehingga untuk santri yang masih duduk di bangku SMP sekolah formalnya di SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) dan jenjang SMA di SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang.
“MBS merupakan program satu atab bagi siswa dan siswi SMP Mutual dan SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang yang mengambil program boarding. Kelebihannya adalah anak-anak yang boarding akan mendapatkan materi keboardingan (pondok) dalam management satu atab MBS Kota Magelang. Selain itu, tahsin dan tahfidz menjadi keunggulan bagi siswa-siswi yang memilih program boarding”, ungkap Wasiun, M. Pd.I selaku Kepala SMP Mutual Kota Magelang.
Selain itu, Lukman Novianto, M.SI selaku pengampu pelajaran Mukhadoroh menambahkan bahwa taret dari mata pelajaran tersebut adalah para santri mempunyai kompetensi public speaking. Sehingga saat nanti menjadi alumni SMP Mutual diharapkan menjadi juru dakwah yang siap terjun di masyarakat dalam mensyiarkan Islam. (Kontributor : FF)

No comments:

Post a Comment

Gunakan LMS, Siswa SMP Mutual Punya Akun Masing-Masing Dalam Pembelajaran Era Pandemi

  SURYAWARTA.COM- Magelang Sampai saat ini, kejelasan untuk masuk sekolah belum pasti. Bukan soal kesiapan atau keberanian, namun kondisi i...