-->

Feat

GERAKKAN VOLUNTEER REMAJA SEHAT ; PDNA KOTA MAGELANG GELAR TOT PASHMINA


 
Peserta TOT foto bersama saat penutupan kegiatan
Suryawarta.Com. Era 4.0 saat ini kita tidak dapat membendung banjir teknologi yang semakin deras. Tantangan generasi muda semakin pesat saat kemajuan teknologi menjadi bagian kehidupan yang harus terus terlewati. Maraknya kekerasan pada remaja bahkan sampai pada kekerasan seksualitas masih menjadi bencana yang menghantui dalam problematika bangsa. Oleh karenanya, pengetahuan dan bekal bagi dunia remaja harus menjadi tanggungjawab kita semua. Begitulah yang disampaikan oleh ketua Pimpinan Daerah Nasyiatul Asyiyah (PDNA) Kota Magelang dalam acara pembukaan Training Of Trainer Pelayanan Remaja Sehat Milik Nasyiatul Aisyiah (TOT PASHMINA) yang dilaksanakan di Aula SMK Muhammadiyah Kota Magelang, sabtu-ahad (19-20/01/18).
            Kegiatan yang diikuti sebanyak 35 peserta tersebut merupakan salah satu program kerja PDNA Kota Magelang yang melibatkan angkatan Muda Muhammadiyah dan menggandeng Universitas Muhammadiyah magelang untuk membentuk volunteer (relawan) yang akan diterjunkan di masyarakat khususnya adalah pendampingan remaja dari tingkat sekolah dasar (SD) sampai dengan mahasiswa. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut diantaranya adalah kader Nasyiatul Aisyiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, dan Aktifis Mahasiswa Universitas Muhammadiyah.
            “Pashmina merupakan salah satu program Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiah Kota Magelang yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa. Dalam pashmina terdapat beberapa layanan yang diberikan, yaitu konsultasi kesehatan reproduksi, keagamaan, psikologi, dan gizi. Ini seperti program posyandu yang biasanya untuk balita atau lansia, hanya sasarannya kalau pashmina adalah remaja dari jenjang SD-Mahasiswa”, ujar Eko Kurniasih Pratiwi selaku ketua PDNA Kota Magelang.
Peserta TOT sedang praktek konsultasi remaja

            Selain itu, Eko Kurniasih Pratiwi menambahkan bahwa kegiatan pashmina diharapkan dapat meningkatkan kualitas generasi remaja. Program pashmina juga mampu memberikan pengetahuan kepada remaja untuk bisa menjaga diri dari kekerasan seksual yang akhir-akhir ini marak terjadi.
            Materi yang disampaikan dalam TOT ini antara lain ada kesehatan reproduksi, fiqh remaja, bimbingan konseling, gizi, komunikasi efektif dan lain-lain. Adapun pemateri adalah dari unsur Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiah (PWNA) Jawa Tengah dan dosen-dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Magelang. Lebih lanjut ketua PDNA berharap dengan TOT Pashmina ini akan lebih banyak personil yang bergabung dan bersama dengan PDNA Kota Magelang untuk memperluas pelaksanaan program pashmina, sehingga kedepannya bisa memberikan lebih banyak kontribusi nyata bagi kehidupan masyarakat sekitar . (Kon : Fury)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "GERAKKAN VOLUNTEER REMAJA SEHAT ; PDNA KOTA MAGELANG GELAR TOT PASHMINA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel