Skip to main content

Jelang Ramadhan, PDM Kota Magelang Resmikan Masjid Al Hikmah


 
Dari kiri H. Solichin(ketua), Drs. Yatino (Sekretaris), Drs. KH. Djam'an M (Wk. Ketua) saat peresmian masjid Al Hikmah
Suryawarta.Com-(Magelang).Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang beberapa waktu yang lalu kembali menerima wakaf sebidang tanah yang diakadkan sebagai masjid di Kelurahan Rejowinanun Utara Rt. 05/ 21 Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang. Bertempat di Perumahan Soekarno Hatta tepatnya di depan Terminal Tidar Magelang Jl. Soekarno Hatta, diharapkan mampu menjadi fasilitas ibadah warga perumahan dan masyarakat umum yang membutuhkan tempat ibadah umat Islam. Selama beberapa bulan dibangun, jelang ramadhan masjid yang diberi nama oleh PDM Kota Magelang dengan masjid Al Hikmah tersebut secara resmi diresmikan oleh PDM Kota Magelang dengan pengajian bersama, Kamis (27/03/19). 

Drs. Yatino selaku Ketua Panitia Pembangunan Masjid mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut membantu baik materiel maupun non material. Diantaranya adalah Warga Perum Soekarno Hatta, Amal Usaha Muhammadiyah, dan Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Magelang yang sudah mengkoordinikir wakaf tunai.

“Terimakasih kepada wakif yang telah mengamanahkan kepada Muhammadiyah untuk dibangun masjid dan para seluruh donatur yang tidak mungkin saya sebutkan satu persatu. Semoga semua menjadi jalan keberkahan. Selain itu, kita masih membutuhkan dana sekitar 100 juta untuk melanjutkan pembangunan guna kantor takmir dan TPA ”, kata Yatino. 

Dalam sambutannya, H. Solichin, S.Ag selaku Ketua PDM Kota Magelang mengatakan bahwa masjid tersebut diberi nama Al Hikmah. Diharapkan keberadaan masjid baru tersebut mampu memberi manfaat untuk warga sekitar. Selain itu, selama ini didekat terminal belum ada masjid yang terdekat. Sedangkan, banyak para musyafir yang tentu kadang butuh tempat untuk shalat. 
 
Masjid Al Hikmah tampak dari depan saat malam hari
“Semoga dengan adanya masjid Al Hikmah di wilayah Perum Soekarno Hatta dapat bermanfaat oleh masyarakat sekitar dan ramadhan sudah bisa diramaikan yang melibatkan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Rejowinangun utara serta para Angkatan Muda Muhammadiyah. Melalui pengajian malam ini yang diisi oleh Drs. KH. Djam'an Muhyidin, maka secara resmi dapat dipakai”, jelasnya.

Selain itu, Suparno selaku Ketua RT setempat sekaligus perwakilan warga mengapresiasi atas respon Muhammadiyah yang saat itu telah menerima warga Perumahan Soekarno Hatta untuk bersama-sama mendirikan masjid sebagai fasilitas ibadah warga sekitar.(Mgl/Fury)

Comments

  1. Bulan Rojab adalah bulan dimana Nabi Muhammad saw dijalankan oleh Allah untuk isra'dan mi'raj menerima perintah shalat 5 waktu sehari salam. PDM Kota Magelang, meresmikan penggunaan Masjid Al Hikmah di Rt. O5 Rw 21 kel. Rejowinangun Utara, terkandung maksud memberi motivasi kpd warga untuk bersangat menjalankan ibadah shalat 5 waktu yg merupakan salah satu dari Rukun Islam dan merupakan Tiang Agama Islam yg harus ditegakkan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Haedar Nashir Berikan Sambutan Saat Pemakaman Gus Solah.

SURYAWARTA.COM-Jombang Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir pada Senin (3/2) memberikan sambutan sekaligus melepas jenazah KH Sholahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah bertempat di Ponpes Tebuireng Jombang.
Hadir bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman, jajaran Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jombang.
Dikutib dari muhammadiyah.or.id, Haedar mengatakan bahwa sosok Gus Sholah merupakan tokoh  yang rendah hati, bergaul luas dengan banyak kalangan, moderat, memiliki komitmen keislaman yang kuat, dan visi kebangsaan yang luas.
"Gus Sholah sangat konsens pada demokrasi dan hak asasi manusia dengan konsisten," tutur Haedar.
Haedar juga menceritakan, sebelum Gus Sholah terbaring sakit, beliau masih berkomunikasi tentang rencana pemutaran Film Dua Tokoh Kyai Dahlan dan Kyai Hasyim Asyari, yang rencananya akan mengundang Presiden R…

Hijaukan Sekolah, SMP Mutual Adakan Program OPOF

SURYAWARTA.COM-Magelang Salah satu program SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang adalah menjadikan sekolah yang peduli dengan lingkungan atau yang dikenal dengan istilah Adiwiyata. Hal ini dibuktikan dalam misi sekolah dengan dikuatkan prestasi penghargaan tingkat kota Magelang oleh Walikota sebagai sekolah Adiwiyata yang berturut-turut pada tahun 2018-2019.

Dalam berkesinambungan, SMP Mutual terus mencoba untuk mengedukasi kepada seluruh keluarga besar SMP Mutual untuk peduli terhadap lingkungan. Mulai dari bank sampah, program pemilahan sampah, hingga yang terbaru ini adalah program one people one flower (OPOF). 
Kamis (2/1/20), hari pertama masuk sekolah setelah liburan panjang jeda semester genap 2019/2020. Ada hal yang berbeda, para siswa tidak seperti biasanya saat berangkat sekolah. Mereka satu-persatu menjinjing tanaman bunga yang akan diletakkan didepan kelas mereka masing-masing.  "Hari ini anak-anak masuk pertama setelah liburan. Pihak sekolah meminta un…

Jeda Semester, MIM DUPAN Adakan Market Day

SURYAWARTA.COM-Magelang Selasa (10/3), MI Muhammadiyah Terpadu Harapan (MIM Dupan) Kota Magelang nampak berbeda seperti biasanya. Halaman yang biasanya kosong, kali ini penuh dengan stand makanan dan wajah yang mirip seperti koki. Hal ini dikarenakan ada acara "Market Day" yang dikemas oleh sekolah dalam mengisi jeda semester.
Dalam kegiatan ini, selain mengemas dengan market day, MIM Dupan juga membuka sembako murah yang dapat dibeli oleh wali murid maupun warga sekitar sehingga ada interaksi yang baik antara pihak madrasah dan lingkungan sekitar. Nina Agustien, S. Pd sebagai kepala madrasah menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sengaja diadakan untuk mengisi jeda semester dan memberi stimulus kreativitas serta jiwa interprenurship pada anak.
"Alhamdulillah, keterlibatan siswa dan wali murid nampak bahagia. Ini adalah salah satu cara kita merekatkan komunikasi lembaga dengan orang tua. Setidaknya, dengan semikian ada komunikasi intensif yang dibangun dalam membawa pendid…