Skip to main content

Kepala SMP Mutual : Guru Tidak Boleh Berhenti Belajar


Denik Isrowati memberikan materi di hadapan para guru SMP Mutual


Suryawarta.Com-(Magelang). Pendidikan merupakan unsur vital dalam kehidupan. Saat ini, dunia pendidikan tidak bisa mengelak dari banjir kemajuan yang telah melanda dunia pendidikan. Dunia pendidikan tidak hanya berjalan pesat, namun telah berlari terus mengejar perkembangan zaman. Guru sebagai tenaga pendidik harus terus update dan tidak boleh ketinggalan dengan derasnya kemajuan yang siap menggeser mereka yang tidak siap untuk maju. Guru bukan hanya sebagai tenaga pengajar, namun sejatinya mereka sedang menyiapkan masa depan peradaban yang terus bergerak dengan penuh tantangan. Salah satu tantangan guru saat ini adalah bagaimana mengemas suatu pembelajaran menjadi ruang pendidikan yang menarik, asyik dan menyenangkan. Oleh karena itu, guru tidak boleh berhenti untuk belajar dan mengupdate kompetensinya. Demikian kata Wasiun selaku Kepala SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang dalam kegiatan peningkatan kompetensi guru SMP Mutual Kota Magelang dengan tema “Model Pembelajaran Asyik Menyenangkan” di Lab IPA SMP Mutual, Sabtu (6/3/19).

Wasiun menambahkan bahwa kegiatan pelatihan yang di ikuti sebanyak 24 guru SMP Mutual Kota Magelang ini merupakan program dari tim penjamin mutu SMP Mutual untuk terus mengupdate kwalitas guru agar suasana pembelajaran di SMP Mutual terus berjalan dengan asyik dan menyenangkan sehingga memberikan efek pada anak untuk menikmati pembelajaran secara happy.
“Kegiatan ini memang sengaja kita lakukan dengan tujuan untuk mengasah kompetensi guru agar terus belajar dan menambah wawasan baru. SMP Mutual yang memiliki tagline unggul, Islami, dan berkemajuan terus berikhtiar menjadi pelayan pendidikan yang paripuna”, katanya
Peserta sedang melaksanakan Forum Grup Discosion

Nurul Fadhila selaku koordinator penjamin mutu SMP Mutual Kota Magelang mengatakan bahwa dalam kegiatan ini menghadirkan pembicara dari luar yaitu Denik Isrowati, M. SI yang merupakan guru di kabupaten Magelang dan menjadi instruktur nasional K-13. Selain itu, ia juga guru yang aktif sebagai penggiat literasi sehingga banyak karyanya yang menjadi buku.

Di akhir acara, Denik menyimpulkan bahwa guru yang hebat adalah mereka yang terus belajar, berliterasi dan mengimplementasikannya.

“Cuma butuh satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cari buku itu. Mari jatuh cinta”, katanya mengutip dari Najwa Shihab. (Mgl/FF)

Comments

Popular posts from this blog

Haedar Nashir Berikan Sambutan Saat Pemakaman Gus Solah.

SURYAWARTA.COM-Jombang Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir pada Senin (3/2) memberikan sambutan sekaligus melepas jenazah KH Sholahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah bertempat di Ponpes Tebuireng Jombang.
Hadir bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman, jajaran Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jombang.
Dikutib dari muhammadiyah.or.id, Haedar mengatakan bahwa sosok Gus Sholah merupakan tokoh  yang rendah hati, bergaul luas dengan banyak kalangan, moderat, memiliki komitmen keislaman yang kuat, dan visi kebangsaan yang luas.
"Gus Sholah sangat konsens pada demokrasi dan hak asasi manusia dengan konsisten," tutur Haedar.
Haedar juga menceritakan, sebelum Gus Sholah terbaring sakit, beliau masih berkomunikasi tentang rencana pemutaran Film Dua Tokoh Kyai Dahlan dan Kyai Hasyim Asyari, yang rencananya akan mengundang Presiden R…

Hijaukan Sekolah, SMP Mutual Adakan Program OPOF

SURYAWARTA.COM-Magelang Salah satu program SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang adalah menjadikan sekolah yang peduli dengan lingkungan atau yang dikenal dengan istilah Adiwiyata. Hal ini dibuktikan dalam misi sekolah dengan dikuatkan prestasi penghargaan tingkat kota Magelang oleh Walikota sebagai sekolah Adiwiyata yang berturut-turut pada tahun 2018-2019.

Dalam berkesinambungan, SMP Mutual terus mencoba untuk mengedukasi kepada seluruh keluarga besar SMP Mutual untuk peduli terhadap lingkungan. Mulai dari bank sampah, program pemilahan sampah, hingga yang terbaru ini adalah program one people one flower (OPOF). 
Kamis (2/1/20), hari pertama masuk sekolah setelah liburan panjang jeda semester genap 2019/2020. Ada hal yang berbeda, para siswa tidak seperti biasanya saat berangkat sekolah. Mereka satu-persatu menjinjing tanaman bunga yang akan diletakkan didepan kelas mereka masing-masing.  "Hari ini anak-anak masuk pertama setelah liburan. Pihak sekolah meminta un…

Jeda Semester, MIM DUPAN Adakan Market Day

SURYAWARTA.COM-Magelang Selasa (10/3), MI Muhammadiyah Terpadu Harapan (MIM Dupan) Kota Magelang nampak berbeda seperti biasanya. Halaman yang biasanya kosong, kali ini penuh dengan stand makanan dan wajah yang mirip seperti koki. Hal ini dikarenakan ada acara "Market Day" yang dikemas oleh sekolah dalam mengisi jeda semester.
Dalam kegiatan ini, selain mengemas dengan market day, MIM Dupan juga membuka sembako murah yang dapat dibeli oleh wali murid maupun warga sekitar sehingga ada interaksi yang baik antara pihak madrasah dan lingkungan sekitar. Nina Agustien, S. Pd sebagai kepala madrasah menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sengaja diadakan untuk mengisi jeda semester dan memberi stimulus kreativitas serta jiwa interprenurship pada anak.
"Alhamdulillah, keterlibatan siswa dan wali murid nampak bahagia. Ini adalah salah satu cara kita merekatkan komunikasi lembaga dengan orang tua. Setidaknya, dengan semikian ada komunikasi intensif yang dibangun dalam membawa pendid…