Skip to main content

Lazismu & MPKU PDM Kota Magelang Adakan Com-Healty Di Hari Kemerdekaan


 
Salah satu peserta sedang mengecek tekanan darah
(Suryawarta.Com (Magelang) Kemerdekaan merupakan sebuah kebahagiaan setiap insan dalam menapaki dinamika kehidupan. Tepat pada usia ke-74 tahun, kemerdekaan bangsa Indonesia tentu menjadi kesyukuran bersama sebagai warga negara yang bijak. Termasuk Muhammadiyah, kemerdekaan merupakan sebuah sejarah panjang yang tidak bisa lepas dari tubuh persyarikatan. Ibarat sebuah rumah, Muhammadiyah seakan menjadi bagian dari ruang yang tak terlepaskan diantara bangunan-bangunan kokoh. Kelahiran Muhammadiyah yang telah mendahului sebuah rahim keindonesiaan menjadikan Muhammadiyah tidak mungkin untuk absen dalam membesarkan Indonesia. Mulai dari pendidikan hingga peran filantropy, Muhammadiyah selalu hadir diantara sudut-sudut keindonesiaan. Salah satu peran filantropy Muhammadiyah saat ini telah diperankan oleh Lembaga Amil Zakat Infaq Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) yang terstruktur secara vertikal dari pusat hingga daerah.
Foto : Istimewa
Lazismu Kota Magelang merupakan tangan panjang dari Muhammadiyah dalam menjalankan tugas keumatan dalam bingkai syiar dakwah Islam. Dalam momentum kemerdekaan tahun ini, Lazismu Kota Magelang mencoba memainkan peran filantropynya bersama umat dengan kegiatan Komunitas Sehat atau yang dikenal dengan Com-Healty. Program tersebut merupakan program kerja Lazismu Kota Magelang dalam melayani umat di bidang kesehatan.

Andi Triyanto, M.SI selaku ketua Lazismu Kota magelang menjelaskan bahwa Com-Healty merupakan program Lazismu kota Magelang dibidang kesehatan. Salah satu wujud nyata kegiatan tersebut seperti halnya bersinergi dengan Majelis Pelayanan Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan daerah Muhammadiyah (PDM)  Kota Magelang yang berkenaan dengan bidang kesehatan. Tidak hanya itu, program tersebut juga melayani para mustahiq yang memang membutuhkan bantuan dalam urusan kesehatan.

Lebih lanjut, Andi menambahkan bahwa dalam kesempatan ini, Lazismu bersinergi dengan MPKU PDM Kota Magelang untuk menyelenggarakan pemeriksaan gratis di Kuliah Subuh Ahad Pagi yang bertempat di Aula SMK Muhammadiyah Kota Magelang, Ahad (18/08019). Menurutnya, para jamaah kuliah subuh merupakan muzakki Lazismu Kota Magelang yang selalu mengamanahkan dana zakatnya kepada Lazismu. Sehingga, kegiatan tersebut merupakan bentuk perhatian Lazismu kepada para muzakki.
Foto : Istimewa
“Slogan lazimu adalah memberi untuk negeri, maka Muhammadiyah melalui Lazismu tidak boleh lelah dalam urusan keumatan. Dengan semangat kemerdekaan, kehadiran lazismu sudah seharunya untuk terus menghadirkan kebermanfaatan”, katanya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula ketua MPKU PDM Kota magelang, H. Saseno, M. Kes beserta jajarannya dalam mengawal kegiatan tersebut. Selain bersinergi dengan MPKU, kegiatan ini juga melibatkan Poliklinik Muhammadiyah Kota Magelang dan mahasiswa Fikes UMMagelang.

Saseno menjelaskan bahwa dalam kegiatan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan tersebut terdaftar sebanyak 45 orang yang mengikuti cek kesehatan tersebut. Setelah dianalisis, kebanyakan mereka terlihat bermasalah dalam hal kolesterol.

“Para pasien yang mengikuti kegiatan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan tersebut rata-rata puas. Mereka merasa senang karena dapat mengecek kesehatannya secara gratis dan sadar akan kesehatan tubuhnya”, ujarnya.

Dalam pungkasnya, Andi menegaskan bahwa Lazismu Kota Magelang akan terus bersinergi dengan majelis dan lembaga Muhammadiyah untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang tentunya menjadi syiar dakwah Islam dan Muhammadiyah. Hal tersebut senada dengan putusan rapat kerja Lazismu Kota Magelang tahun 2019 yaitu bersinergi dalam harmoni. (Mgl/Fury)

Comments

Popular posts from this blog

Haedar Nashir Berikan Sambutan Saat Pemakaman Gus Solah.

SURYAWARTA.COM-Jombang Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir pada Senin (3/2) memberikan sambutan sekaligus melepas jenazah KH Sholahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah bertempat di Ponpes Tebuireng Jombang.
Hadir bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman, jajaran Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jombang.
Dikutib dari muhammadiyah.or.id, Haedar mengatakan bahwa sosok Gus Sholah merupakan tokoh  yang rendah hati, bergaul luas dengan banyak kalangan, moderat, memiliki komitmen keislaman yang kuat, dan visi kebangsaan yang luas.
"Gus Sholah sangat konsens pada demokrasi dan hak asasi manusia dengan konsisten," tutur Haedar.
Haedar juga menceritakan, sebelum Gus Sholah terbaring sakit, beliau masih berkomunikasi tentang rencana pemutaran Film Dua Tokoh Kyai Dahlan dan Kyai Hasyim Asyari, yang rencananya akan mengundang Presiden R…

Hijaukan Sekolah, SMP Mutual Adakan Program OPOF

SURYAWARTA.COM-Magelang Salah satu program SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang adalah menjadikan sekolah yang peduli dengan lingkungan atau yang dikenal dengan istilah Adiwiyata. Hal ini dibuktikan dalam misi sekolah dengan dikuatkan prestasi penghargaan tingkat kota Magelang oleh Walikota sebagai sekolah Adiwiyata yang berturut-turut pada tahun 2018-2019.

Dalam berkesinambungan, SMP Mutual terus mencoba untuk mengedukasi kepada seluruh keluarga besar SMP Mutual untuk peduli terhadap lingkungan. Mulai dari bank sampah, program pemilahan sampah, hingga yang terbaru ini adalah program one people one flower (OPOF). 
Kamis (2/1/20), hari pertama masuk sekolah setelah liburan panjang jeda semester genap 2019/2020. Ada hal yang berbeda, para siswa tidak seperti biasanya saat berangkat sekolah. Mereka satu-persatu menjinjing tanaman bunga yang akan diletakkan didepan kelas mereka masing-masing.  "Hari ini anak-anak masuk pertama setelah liburan. Pihak sekolah meminta un…

Jeda Semester, MIM DUPAN Adakan Market Day

SURYAWARTA.COM-Magelang Selasa (10/3), MI Muhammadiyah Terpadu Harapan (MIM Dupan) Kota Magelang nampak berbeda seperti biasanya. Halaman yang biasanya kosong, kali ini penuh dengan stand makanan dan wajah yang mirip seperti koki. Hal ini dikarenakan ada acara "Market Day" yang dikemas oleh sekolah dalam mengisi jeda semester.
Dalam kegiatan ini, selain mengemas dengan market day, MIM Dupan juga membuka sembako murah yang dapat dibeli oleh wali murid maupun warga sekitar sehingga ada interaksi yang baik antara pihak madrasah dan lingkungan sekitar. Nina Agustien, S. Pd sebagai kepala madrasah menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sengaja diadakan untuk mengisi jeda semester dan memberi stimulus kreativitas serta jiwa interprenurship pada anak.
"Alhamdulillah, keterlibatan siswa dan wali murid nampak bahagia. Ini adalah salah satu cara kita merekatkan komunikasi lembaga dengan orang tua. Setidaknya, dengan semikian ada komunikasi intensif yang dibangun dalam membawa pendid…