-->

Feat

Lazismu & MPKU PDM Kota Magelang Adakan Com-Healty Di Hari Kemerdekaan


 
Salah satu peserta sedang mengecek tekanan darah
(Suryawarta.Com (Magelang) Kemerdekaan merupakan sebuah kebahagiaan setiap insan dalam menapaki dinamika kehidupan. Tepat pada usia ke-74 tahun, kemerdekaan bangsa Indonesia tentu menjadi kesyukuran bersama sebagai warga negara yang bijak. Termasuk Muhammadiyah, kemerdekaan merupakan sebuah sejarah panjang yang tidak bisa lepas dari tubuh persyarikatan. Ibarat sebuah rumah, Muhammadiyah seakan menjadi bagian dari ruang yang tak terlepaskan diantara bangunan-bangunan kokoh. Kelahiran Muhammadiyah yang telah mendahului sebuah rahim keindonesiaan menjadikan Muhammadiyah tidak mungkin untuk absen dalam membesarkan Indonesia. Mulai dari pendidikan hingga peran filantropy, Muhammadiyah selalu hadir diantara sudut-sudut keindonesiaan. Salah satu peran filantropy Muhammadiyah saat ini telah diperankan oleh Lembaga Amil Zakat Infaq Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) yang terstruktur secara vertikal dari pusat hingga daerah.
Foto : Istimewa
Lazismu Kota Magelang merupakan tangan panjang dari Muhammadiyah dalam menjalankan tugas keumatan dalam bingkai syiar dakwah Islam. Dalam momentum kemerdekaan tahun ini, Lazismu Kota Magelang mencoba memainkan peran filantropynya bersama umat dengan kegiatan Komunitas Sehat atau yang dikenal dengan Com-Healty. Program tersebut merupakan program kerja Lazismu Kota Magelang dalam melayani umat di bidang kesehatan.

Andi Triyanto, M.SI selaku ketua Lazismu Kota magelang menjelaskan bahwa Com-Healty merupakan program Lazismu kota Magelang dibidang kesehatan. Salah satu wujud nyata kegiatan tersebut seperti halnya bersinergi dengan Majelis Pelayanan Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan daerah Muhammadiyah (PDM)  Kota Magelang yang berkenaan dengan bidang kesehatan. Tidak hanya itu, program tersebut juga melayani para mustahiq yang memang membutuhkan bantuan dalam urusan kesehatan.

Lebih lanjut, Andi menambahkan bahwa dalam kesempatan ini, Lazismu bersinergi dengan MPKU PDM Kota Magelang untuk menyelenggarakan pemeriksaan gratis di Kuliah Subuh Ahad Pagi yang bertempat di Aula SMK Muhammadiyah Kota Magelang, Ahad (18/08019). Menurutnya, para jamaah kuliah subuh merupakan muzakki Lazismu Kota Magelang yang selalu mengamanahkan dana zakatnya kepada Lazismu. Sehingga, kegiatan tersebut merupakan bentuk perhatian Lazismu kepada para muzakki.
Foto : Istimewa
“Slogan lazimu adalah memberi untuk negeri, maka Muhammadiyah melalui Lazismu tidak boleh lelah dalam urusan keumatan. Dengan semangat kemerdekaan, kehadiran lazismu sudah seharunya untuk terus menghadirkan kebermanfaatan”, katanya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula ketua MPKU PDM Kota magelang, H. Saseno, M. Kes beserta jajarannya dalam mengawal kegiatan tersebut. Selain bersinergi dengan MPKU, kegiatan ini juga melibatkan Poliklinik Muhammadiyah Kota Magelang dan mahasiswa Fikes UMMagelang.

Saseno menjelaskan bahwa dalam kegiatan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan tersebut terdaftar sebanyak 45 orang yang mengikuti cek kesehatan tersebut. Setelah dianalisis, kebanyakan mereka terlihat bermasalah dalam hal kolesterol.

“Para pasien yang mengikuti kegiatan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan tersebut rata-rata puas. Mereka merasa senang karena dapat mengecek kesehatannya secara gratis dan sadar akan kesehatan tubuhnya”, ujarnya.

Dalam pungkasnya, Andi menegaskan bahwa Lazismu Kota Magelang akan terus bersinergi dengan majelis dan lembaga Muhammadiyah untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang tentunya menjadi syiar dakwah Islam dan Muhammadiyah. Hal tersebut senada dengan putusan rapat kerja Lazismu Kota Magelang tahun 2019 yaitu bersinergi dalam harmoni. (Mgl/Fury)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lazismu & MPKU PDM Kota Magelang Adakan Com-Healty Di Hari Kemerdekaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel