-->

Feat

Kenalkan Warisan Perjuangan Kemerdekaan, SMP Mutual Adakan Pentas Pengenal Hizbul Wathan


 
Kepala Sekolah memberikan amanat saat penyalaan api unggun
SURYAWARTA.COM MAGELANG - Jum’at-Sabtu, (16-17/08/19) SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang mengadakan Pentas Hizbul Wathan perdana yang diikuti oleh kelas VII di sekolah. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut diikuti sebanyak 176 siswa. Pentas Hizbul Wathan tersebut merupakan pengenalan awal kepada kelas VII yang lebih mendalam tentang Kepanduan Hizbul Wathan yang menjadi organisasi otonom (ortom) Muhammadiyah dibidang kepanduan.

Wasiun, M. Pd.I selaku kepala sekolah menjelaskan bahwa kegiatan ini bertepatan dengan malam 17 Agustus yang menjadi hari kelahiran bangsa Indonesia. Menurutnya, selain sebagai ajang pengenalan kepada siswa kelas VII, waktu yang diambil bertepatan dengan malam 17 Agustus tersebut menjadi ajang refleksi dan mengenalkan sejarah kepada para siswa bahwa Hizbul Wathan adalah bagian dari sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia. Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan yang lahir pada 1918 jauh sebelum Indonesia merdeka telah memberikan perananya. Hizbul Wathan yang bermakna harfiah “pembela tanah air” berdiri sebagai wujud cinta tanah air, bangsa dan negara. 
Foto : Istimewa
“Sejak lahir, cita-cita Hizbul Wathan adalah wujud cinta tanah air. Maka sudah sewajarnya jika Soedirman menjadi jendral ditubuh TNI karena dirinya telah mengawali aktifitasnya sebagai penggerak kepanduan Hizbul Wathan. Kader Hizbul Wathan harus bangga, ada pejuang Indonesia yang lahir dari rahim Muhammadiyah”, ujarnya.

Lebih lanjut, Wasiun berpesan kepada para peserta bahwa para pendiri Muhammadiyah adalah bagian dari pendiri bangsa. Maka pelajar Muhammadiyah yang menjadi calon kader Muhammadiyah harus mampu mengisi kemerdekaan dengan perbuatan positif.
Foto : Istimewa
“Pelajar Muhammadiyah harus mampu berkompetisi dalam kemajuan. Dalam tubuh pelajar Muhammadiyah harus mempunyai semangat belajar sebagaimana tercantum dalam janji pelajar Muhammadiyah”, pungkasnya.

Chomsin Adi Subroto selaku Ketua Panitia kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diawali dengan apel pembukaan serta diisi materi tentang Kepanduan Hizbul Wathan sebagai pengetahuan awal. Selain itu, ada kegiatan api unggun yang didalamnya ada pentas kreatifitas untuk mengasah potensi softskill siswa.(Mgl/Fury)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kenalkan Warisan Perjuangan Kemerdekaan, SMP Mutual Adakan Pentas Pengenal Hizbul Wathan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel