Feat

Poniman Dapat Bingkisan Program Jumat Berbagi Dari Lazismu Kota Magelang

Lazismu Kota Magelang secara simbolis menyerahkan bingkisan Jumat berbagi

SURYAWARTA.COM - MAGELANG Program Jum’at Berbagi merupakan salah satu program unggulan Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Magelang yang menjadi program rutin mingguan dengan sasaran fakir miskin. Penerima manfaat ini mendapatkan santunan dalam bentuk sembako yang nantinya lebih bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Salah satu penerima manfaat pada minggu ini adalah Bapak Poniman yang tinggal di Kelurahan Nambangan, Jum’at(11/10).

Bapak Poniman saat ini sedang diuji oleh Allah SWT dengan kondisi berbaring karena terserang kanker prostat. Lelaki yang mempunyai 7 anak ini setiap bulan rutin pengobatan di RST Magelang. Kelima anaknya sudah berunah tangga, hanya dua anak yang saat ini masih membersamai dalam satu rumah yang bersama yang hanya 2 ruangan tersebut. Istrinya hanya buruh lepas yang tidak menentu pendapatannya. Ia hanya akan bekerja jika ada yang memintanya seperti mencuci atau menyetrika. Dan kadang diwaktu luang ia mencari rosok. Sehingga ekonomi kesehariannya pun tentu tidak menentu.

Salah satu putra bungsunya, Ishom saat ini telah lulus SMK beberapa tahun lalu. Namun, dirinya belum banyak membantu dalam menguatkan ekonomi keluarganya karena harus merawat bapaknya dan belum memiliki pekerjaan tetap.

Kegiatan jum’at berbagi ini merupakan sinergi antara cabang dan ranting dalam memberikan manfaat dilingkungan sekitarnya. Namun, kadang-kadang juga atas masukan serta rekomendasi muzakki.

Andi Kurniawan selaku staff amil Lazismu Kota Magelang mengatakan bahwa kegiatan jumat berbagi dilaksanakan setiap satu minggu sekali  dengan sasaran penerima manfaat para duafa. Dalam kesempatan ini, Lazismu Kota Magelang berdasarkan pengajuan salah satu muzakki dengan kondisi yang layak mendapatkan maka langsung melakukan survai dan menunaikan kegiatan tersebut.
Bapak Poniman yang terbaring selama 2 tahun setelah menderita kanker prostat

“Kami melihat kondisi bapak Poniman memang cukup kasihan. Setelah dua tahun ini dirinya hanya bisa berbaring. Dengan hadirnya Lazismu Kota Magelang kami tawarkan kepada putra bungsunya untuk mengikuti kegiatan zakat produktif. Namun, saat ini dalam proses pengkajian”, ungkapnya.

Andi Triyanto yang menjabat sebagai ketua Lazismu Kota Magelang menjelaskan bahwa program jumat berbagi diharapkan bisa menjadi agenda rutinan dalam jumat berkah.

Lebih lanjut, Andi Triyanto mengatakan bahwa Lazismu Kota Magelang dalam tahun ini akan fokus pada gerakan zakat ekonomi produktif. Harapannya, setelah mendapat program tersebut para mustahik akan menjadi muzakki.

“Lazismu tidak ingin melanggengkan kemiskinan. Kami berharap setiap pentasyarufan dapat memberikan manfaat dan membangun kemandirian”, pungkasnya.(Mgl/Fury)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Poniman Dapat Bingkisan Program Jumat Berbagi Dari Lazismu Kota Magelang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel