Feat

Berikan Karakter Building : Siswa SMP Mutual Di Gembleng di Yon Armed 11 Magelang

Foto : Kepala Sekolah, Dewan Guru, dan Siswa Foto Bersama Saat Kegiatan Pendidikan Karakter dan Kebangsaan

SURYAWARTA.COM-Magelang Sebanyak 221 siswa SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang digembleng selama 4 hari di Yon Armed 11 Magelang dalam program Pendidikan Karakter dan  Kebangsaan yang dibuka mulai pada hari Kamis, (12/12/19).

Wasi'un selaku kepala sekolah berharap dengan adanya program tersebut, para siswa mendapatkan pengalaman baru yang dapat diambil hikmahnya yaitu menempa pribadi yang berkarakter.

"Kami sengaja menggembleng kelas VIII karena mereka berada pada posisi peralihan dari kelas VII menuju kelas IX. Ini fase labil dimana anak-anak mudah terpengaruh. Maka pendidikan karakter ini diharapkan dapat menempa mentalnya untuk bisa mengenal jati dirinya", ucapnya.

Tambahnya, Wasi'un menjelaskan bahwa para siswa digembleng dengan pembiasaan kedisiplinan, penguatan mental agar siswa lebih percaya diri dan tentu bagaimana mengatur waktu agar tetap bermanfaat. Pasalnya, di sana para siswa diberikan jadwal yang harus ditaati sebagai pembiasaan kedisiplinan.

Dwi Dedi selaku kesiswaan SMP Mutual menambahkan bahwa pendidikan karakter dan kebangsaan tersebut memberikan efek positif. Menurutnya, dibuktikan dengan anak-anak yang secara kedisiplinan kurang diberi tritment khusus dan efeknya bisa dirasakan. 

"Kita sudah berjalan 3 periode setiap jeda semester anak-anak digembleng dengan kegiata. Pendidikan Karakter dan Kebangsaan. Efeknya pun bisa kami rasakan yaitu kedisiplinan anak-anak sangat kelihatan", jelasnya.

Salah satu siswa kelas VIII, Teungku Farel mengatakan bahwa kegiatan pendidikan karakter cukup berat, namun dihari kedua mulai beradaptasi dan memaksa kita untuk belajar tertib.

"Kita memang dipaksa untuk disiplin. Contohnya kalau makan harus bareng dan tidak ada yang tersisa. Kalau melanggar maka semua harus push up. Ini yang membuat saya harus tertib dan menjadi terbiasa", tandasnya.(mgl/fur)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berikan Karakter Building : Siswa SMP Mutual Di Gembleng di Yon Armed 11 Magelang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel