Asah Nasionalisme, SD Mutual Adakan Peringatan Kemerdekaan Secara Virtual

 

SURYAWARTA.COM-Magelang Banyak cara yang dilakukan dalam memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke-75. Salah satunya adalah SD Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang. Deretan acara telah disiapkan dengan runtut dan terencanakan sesuai dengan protokol Covid-19.


Senin (17/08/20), SD Mutual  menyelenggarakan upacara virtual dan lomba-lomba yang melibatkan guru dan siswa. Petugasnya pun dari guru-guru dengan diikuti serentak oleh para siswa secara virtual.


Dalam bincangnya, Wati Prihayanti selaku Humas SD Mutual mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud nasionalisme agar gaung kemerdekaan selalu menjiwai dalam dada keluarga besar SD Mutual.


"Kita tetap adakan upacara virtual tanpa siswa. Dengan taat protokol kesehatan, para guru dan karyawan menjadi petugas dengan memakai jas hitam, sepatu hitam, faceshield, masker, dan juga mematuhi untuk tetap jaga jarak", ujarnya.


Dalam kesempatan yang sama, Kyai Abu Ubaidah yang merupakan sesepuh Muhammdiyah Kota Magelang dan juga penasehat SD Mutual berkesempatan menjadi inspektur upacara. Pesannya, bahwa kemerdekaan bukanlah hadiah, namun buah dari perjuangan. Semua itu karena spirit yang dalam Islam terinspirasi dalam surat Ar Ra'du : 11. 


"Sebagai guru, kita harus bangga karena dapat mendidik siswa", pesannya.


Para siswa juga turut mengikuti upacara. Mereka hormat bendera dan hasilnya difoto serta dikirim kewali kelas masing-masing.


Luqman Novianto selaku kepala sekolah menjelaskan bahwa selain upacara virtual, sekolah juga menyemarakkan dengan lomba-lomba yang diikuti para siswa. Diharapkan, lomba-lomba itu menjadi wadah pengembangan bakat siswa.


"Lomba-lomba antara lain menyanyi lagu hari merdeka, cipta gerak lagu dan membuat poster kemerdekaan", terangnya.


Pungkasnya, pria alumnus Universitas Muhammadiyah Magelang (Unima) berharap kegiatan kemerdekaan ini dapat memupuk rasa nasionalis dalam diri siswa.

Kontributor : Fury Fariansyah

No comments:

Post a Comment

Gunakan LMS, Siswa SMP Mutual Punya Akun Masing-Masing Dalam Pembelajaran Era Pandemi

  SURYAWARTA.COM- Magelang Sampai saat ini, kejelasan untuk masuk sekolah belum pasti. Bukan soal kesiapan atau keberanian, namun kondisi i...