-->

Feat

Ketua PWM Jateng Lepas 10 Tim MDMC Dalam Respon Gempa Mamuju Sulbar

 

Foto : foto bersama 10 relawan Muhammdiyah yang dilepas oleh Ketua PWM (memakai masker merah putih) untuk tugas ke Mamuju

SURYAWARTA.COM-Nasional    Kesadaran diri merupakan salah satu tanda keimanan seseorang muslim. Sadar diri karena kita kuat, maka menolong yang lemah. Sadar diri karena kita mampu, maka menolong yang kekurangan. Demikian salah satu isi sambutan ketua Pimpinan Wilayah Muhammdiyah (PWM) Jawa Tengah, Drs. H. Tafsir dalam melepas 10 relawan Muhammdiyah yang tergabung di Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jateng untuk berangkat respon bencana gempa bumi ke Mamuju, Ahad (17/01/21).


Pria yang akrab disapa Tafsir juga berpesan untuk para relawan tetap menjaga kesehatan, tutur kata, tindakan, karena mengingat tugas-tugas kemanusiaan yang cukup berat di lokasi bencana yang jauh dari rumah masing-masing.


"Menjaga kesehatan masing-masing yang paling penting. Termasuk menjaga ucapan dan tindakan. Karena teman-teman membawa nama besar Muhammdiyah", pesannya.

Sebanyak 10 relawan tersebut terdiri dari beberapa kwalifikasi. Ssbelum berangkat melalui jalur udara, mereka mendapatkan pengarahan dan breafing dari ketua MDMC Jawa Tengah, Naibul Umam di Markas SAR Muhammdiyah Jawa Tengah.

"Kita berikan pengarahan dan tim dapat menyiapkan segala sesuatunya. Mereka bisa memetakan situasi dan kondisi secara detail di lokasi bencana. Sehingga, bisa mempersiapkan operasi bahkan dalam situasi terburuk sekalipun", paparnya. 

Tim ini mendapat tugas utama melakukan operasi pencarian dan pertolongan serta evakuasi warga terdampak. 

Menurut Chairil Anam selaku Koordinator Bidang Tanggap Bencana MDMC Jawa Tengah yang juga turut berangkat mengatakan bahwa dalam situasi saat ini, kesehatan dan protokol kesehatan (prokes) sangat diperhatikan. Karena keselamatan jiwa tim relawan juga harus diperhatikan dalam menjalankan tugas.

"Selain skill relawan yang dimiliki, kami juga bekali relawan untuk keamanan diri dalam prokes seperti hazmat, faceshield, sarung tangan, dan handsanitaizer", ujarnya.

Umam kembali menambahkan bahwa para relawan juga dites rapid antigen. Selain itu juga divaksin tetanus melihat tugas dilapangan bergelut dengan puing-puing akibat gempa.

"Kami ucapkan terimakasih kepada PWM Jawa Tengah dan Lembaga Amil Zakat Infaq Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) yang telah mensupport penuh atas keberangkatan relawan melalui jalur udara kali ini", pungkasnya.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ketua PWM Jateng Lepas 10 Tim MDMC Dalam Respon Gempa Mamuju Sulbar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel