-->

Feat

Bertahan Tanggap Bencana Gempa Sulbar, 48.706 Jiwa Mendapat Layanan Manfaat Muhammdiyah

 

Foto : Dok MDMC saat sosialisasi dan edukasi gempa kepada penyintas di Posyan Muhammdiyah Tapalang Induk Mamuju

SURYAWARTA.COM-Nasional Gempa bumi yang menimpa Sulawesi Barat (Sulbar) tepatnya di Mamuju (14-15/01) masih menyisakan rasa traumatik. Para korban masih takut dan terngiang jikalau ada gempa susulan. Hal ini membuat Muhammdiyah melalui Muhammdiyah Disaster Management Center (MDMC) memberikan sosialisasi dan edukasi agar para penyintas dapat mengenali dan teredukasi kaitannya bencana.  

Di Pos Layanan (Posyan) Muhammdiyah Tapalang Induk, Kelurahan Kasambang, Kec. Tapalang, Kab. Mamuju dengan menghadirkan narasumber dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kantor Mamuju sebanyak 155 penyintas mendapatkan edukasi.

Dede Tayib, Ketua Posyan Muhammdiyah di Tapalang Induk Mamuji mengatakan bahwa ada 185 penyintas. Hanya yang ikut saat ini 155 penyintas. Sebagian para korban, rumahnya mengalami rusak berat. Sehingga trauma itu masih ada. Dan Muhammdiyah terus mendampingi.

"Gempa susulan sudah minor. Kita beri edukasi agar para penyintas bisa memahami bagaimana siklus bencana gempa. Terpenting, agar mereka tidak termakan berita-berita hoax yang menambah ketakutan", katanya.

Selain itu, Muhammdiyah juga masih konsen dalam penangan kesehatan. Karena sebagian fasilitas kesehatan mengalami rusak berat.

"Melalui Emergency Medical Tim (EMT) Nasional,  Muhammadiyah juga membantu layanan di Puskesmas Tapalang. Rawat inap saat ini masih kita lakukan di tenda-tenda", kata Darmawan salah satu tim EMT Muhammdiyah.

Sementara itu, laporan dari Tim Tanggap Bencana Muhammdiyah untuk gempa Mamuju per 10 Feb 2021 tercatat sebanyak 48.706 jiwa yang mendapat manfaat dari layanan Muhammdiyah dengan dana hampir 2 milyar.

Kontributor : Fury Fariansyah

Sumber : Pers Rilis MDMC PP Muhammadiyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bertahan Tanggap Bencana Gempa Sulbar, 48.706 Jiwa Mendapat Layanan Manfaat Muhammdiyah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel