-->

Feat

Muhammadiyah Kota Magelang Adakan Shalat Gerhana Secara Serentak

 

Foto : Para jamaah masjid Tanwir Kota Magelang saat mengikuti shalat gerhana

SURYAWARTA.COM-Magelang Dalam penanggalan miladiyah, Rabu (26/05/21) terjadi gerhana bulan. Sebagaimana dalam Islam, jika terjadi gerhana maka disunnahkan untuk melaksanakan shalat gerhana. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang, Djaman Muhyiddin kepada wartawan.

Selain itu, dirinya menambahkan bahwa PDM menginstruksikan kepada seluruh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan takmir masjid yang dikoordinir oleh Muhammadiyah untuk dapat menyelenggarakan shalat gerhana.

"Kita sampaiakan melalui grup-grup WhatsApp. Kita juga share tatacara shalat gerhana agar bisa menjadi acuan atau pedoman", tuturnya.

Dikatakan, selain melaksanakan shalat gerhana, warga Muhammadiyah diminta untuk banyak bersedekah sebagaimana sunnahnya. Terlebih saat ini dimasa pandemi agar dapat saling menguatkan.

"Minimal sedekah itu bisa digunakan untuk jamuan saat setelah shalat gerhana", ucapnya.

Shalat gerhana bulan ini dilaksanakan setelah shalat maghrib dilanjutkan dengan shalat adanya khutbah.

Sekretaris PDM Kota Magelang, Yatino membenarkan tentang adanya instruksi shalat gerhana dari PDM. Bahkan antusias warga Muhammadiyah cukup tinggi.

"Ada 23 titik masjid yang dikoordinir oleh Muhammadiyah. Selain itu ada amal usaha Muhammadiyah yang menyelenggarakan seperti SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang yang mengelola siswa boarding", jelasnya.

Saat dihubungi, pria yang beberapa periode menjadi sekretaris PDM ini mengatakan bahwa protokol kesehatan tetap dikedepankan untuk menyikapi pandemi yang belum berakhir. Seperti, memakai masker, cuci tangan, memakai handsanitaizer, dan juga jaga jarak.

"Melihat antusiasme masyarakat khususnya warga Muhammadiyah yang cukup tinggi, kita minta panitia tetap patuhi protokol kesehatan. Jangan sampai abai dan lengah untuk menjaga semuanya", ujarnya.

Saat dikonfirmasi tentang jalannya shalat gerhana, Yatino menyampaikan berjalan lancar. Seperti yang dilaksanakan di masjid Jami' Karangkidul, para jamaah merasa senang karena setelah shalat gerhana dilanjut makan-makan.

"Pantauan kami berjalan lancar. Seperti di masjid Jami' Karangkidul. Imam dan khatib dipimpin langsung oleh Kyai Djaman selaku wakil ketua PDM Kota Magelang. Termasuk di SMP Mutual. Imam dan khotib Kyai Abu Ubaidah", pungkasnya.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Muhammadiyah Kota Magelang Adakan Shalat Gerhana Secara Serentak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel