-->

Feat

Mahasiswa PPMT Unimma Sadarkan Literasi Lingkungan Melalui Program 3 R

Foto : Tim PPMT Unimma saat berkunjung di Bank Sampah Tangguh Wonosuko Tegalrejo

SURYAWARTA.COM-Magelang Sampah sering menjadi masalah yang tak terurai. Sehingga, terobosan-terobosan dalam pengelolaan sampah telah dilaksanakan oleh para penggiat peduli lingkungan. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) dalam program Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT).

Kali ini mahasiswa Unimma mengadakan pengabdian di masyarakat Wonosuko Tegalrejo Magelang. Dengan menggandeng bank sampah, nantinya para mahasiswa pengabdian akan memberikan pemahaman literasi sampah dengan konsep Reduce, Reuce, Recycle (3 R).

Robiul Fitri Masyitoh selaku dosen pendamping mengatakan bahwa program  pengabdian ini diharapkan dapat mendampingi masyarakat untuk menjadi masyarakat sadar lingkungan sehat. 

"Lewat bank sampah ini kita mengajak masyarakat bahwa menabung tidak hanya uang. Melalui sampah-sampah yang kita timbulkan dapat menjadi bagian menambah penghasilan sampingan", katanya kepada jurnalis, Kamis (24/06/21).

Dikatakan, selama ini Bank Sampah Tangguh Wonosuko berdiri pada bulan Maret 2021. Dalam hitungan 3 bulan, sudah ada 20 nasabah dari masyarakat sekitar.

"Kita sudah menerima dan menjual 395 kg. Sampah non organik yang terkumpul kita langsung jual ke pengepul. Sehingga para nasabah bisa menerima manfaat langsung", ujarnya.

Lanjutnya, sampah-sampah yang bisa dibuat karya sehingga bisa lebih bermanfaat.

"Diantara karya-karya yang sudah dibuat adalah tas rajut, bunga plastik, tas, tempat minum dan lainnya", tambahnya.

Pintanya, semoga gerakan literasi ini dapat bermanfaat dan dapat mengurangi masalah sampah dilingkungan sekitar kita.

"Terimakasih juga untuk mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Unimma sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat", pungkasnya.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mahasiswa PPMT Unimma Sadarkan Literasi Lingkungan Melalui Program 3 R"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel