-->

Feat

Kajian UMKM Binaan Lazismu, Ini Pesan Kyai Djam'an

 

Foto : Kegiatan Kajian & Pembinaan penerima penerima Program Pemberdayaan UMKM

SURYAWARTA.COM-Magelang Lembaga Amil Zakat Infaq Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Kota Magelang merupakan satu-satunya lembaga zakat milik Muhammadiyah. Semangat melayani menjadi budaya kerja yang terus diberikan kepada siapapun, tidak hanya muzakki. Pelayanan paripurna juga diberikan kepada para penerima manfaat Lazismu. Seperti kegiatan bulanan yang dilakukan kepada para penerima manfaat pemberdayaan UMKM yang selama ini menjadi binaan Lazismu Kota Magelang. Kegiatan ini adalah kajian yang diharapkan mampu merekatkan silaturahmi dan juga memberikan pembinaan spiritual sebagai langkah dakwah.

Dikatakan oleh Kyai Djam'an dalam memberikan tausiyahnya bahwa berdagang merupakan satu diantara sembilan pintu rizqi yang Allah siapkan.

"Namun jangan lupa prinsip dalam berdagang. Ada etika dan adab yang harus kita pegang saat kita melakukan jual beli", terangnya.

Dirinya menyebutkan adab berdagang itu seperti sifat wajib Rasullullah. Sidiq, tidak boleh bohong atau jujur.

"Amanah. Hal yang mahal harganya yang saat ini jarang dimiliki oleh para pedagang hanya karena mencari untung. Pedagang muslim tentu harus amanah", pesannya.

Selain itu, berdagang juga harus cerdas. Seperti sifat rasulullah yaitu fatonah. Kita harus tau pasar dan juga marketable (menjual).

"Dan yang satu lagi Istiqomah. Banyak orang yang gagal dalam berjualan namun tidak Istiqomah. Akhirnya tidak jalan usahanya", tandasnya.

Namun demikian, menurutnya bahwa setiap orang punya passion yang berbeda-beda. Akan tetapi jangan mudah bosan dan menyerah. Demikian pesan yang disampaikan saat mengisi pembinaan di Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang, Jumat (24/06).

Kegiatan ini dihadiri oleh para penerima manfaat Pemberdayaan UMKM Lazismu Kota Magelang dengan antusias. Seperti disampaikan oleh Pak Panca. Dirinya merasa senang dengan bantuan Lazismu sshingga bisa jualan lagi dan juga menambah wawasan agama karena diajak ngaji.

"Ini bagian dari keamanahan kita dalam mengelola dana zakat di Lazismu Kota Magelang. Semoga dapat bermanfaat dan juga menjadi amal jariyah bagi para muzakki", kata Andi Triyanto saat ditemui sebagai Ketua Lazismu Kota Magelang.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kajian UMKM Binaan Lazismu, Ini Pesan Kyai Djam'an"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel