-->

Feat

Berikan Layanan Kepada Penyintas Gempa Cianjur, Muhammadiyah Fokus 6 Layanan

 

Foto : Pos Pelayanan Muhammadiyah untuk sekolah darurat para penyintas Gempa Cianjur

SURYAWARTA.COM-Nasional Beberapa hari pasca gempa di Cianjur, Muhammadiyah tak pernah berhenti bergerak. Melalui gerakan One Muhammadiyah One Respone (OMOR), Muhammadiyah meluaskan ruang geraknya yang dikomandoi oleh Relawan Muhammadiyah (MDMC) dan Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu). Melibatkan seluruh elemen Muhammadiyah dan Aisyiyah, dalam waktu 3 bulan kedepan akan fokus pada 6 layanan.

Kamis (29/11/2022), secara resmi dibuka 5 Pos Pelayanan (Posyan) Muhammadiyah ditempat terpisah. Nantinya, MDMC akan mendampingi secara total.

Dalam konferensi pers, Indrayanto selaku Devisi Tanggap Darurat, Rehabilitasi dan Rekonstruksi MDMC PP Muhammadiyah menyampaikan bahwa ada 175 personil yang ditenpatkan di lokasi yang sudah ditetapkan sebagai posyan. Diantaranya MDMC (Relawan Muhammadiyah) dari Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

"Kami masih fokus dalam masa darurat ini pada layanan kesehatan, hunian darurat, air dan sanitasi, logistik makanan maupun non makanan, psikososial dan pendidikan darurat", ujarnya.

Disampaikan juga bahwa posisi relawan nantinya akan diroling dan berkoordinasi dengan MDMC didaerah. Sedangkan, untuk pendampingan psikososial melibatkan kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Ade Irvan Nugraha selaku Sekretaris MDMC Jawa Barat menyampaikan bahwa untuk sekolah darurat didirikan diatas lahan persawahan. Dimana lokasi tersebut fasilitas pendidikan sudah ambruk.

"Kita sewa sawah warga dan kita ganti untung untuk tanaman sayur yang ada. Uang sewa senilai 2 juta. Semoga nantinya bisa bermanfaat untuk pendidikan anak-anak penyintas", tuturnya. 

Ditambahkan, untuk sekolah darurat nantinya akan kolaborasi antara Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) dan juga dengan guru setempat yang selama ini memang mengajar anak-anak setempat.

"Semoga dengan ada sekolah darurat ini dapat kembali membuat aktifitas anak-anak penyintas gempa dan mengurangi beban psikologis mereka", pintanya.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berikan Layanan Kepada Penyintas Gempa Cianjur, Muhammadiyah Fokus 6 Layanan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel