-->

Feat

Didesain Sebagai Sekolah Unggulan, SMP Mutual Terus Berkontribusi Dalam Majukan Pendidikan Di Kota Magelang

Foto : Kepala SMP Mutual, Wasi'un saat foto bersama para siswa berprestasi setelah upacara hari senin di halaman sekolah

SURYAWARTA.COM-Magelang Tanggal 26 Februari 2023 merupakan 2 tahun masa kepemimpinan Walikota Magelang Muhammad Nur Azis dan wakilnya M. Mansyur. Sebuah transformasi capaian-capaian dalam programnya dengan visi Membawa Kota Magelang menjadi Masyarakat Maju Sehat dan Bahagia. Ini tidak terlepas dalam bidang pendidikan yang terus digemborkan oleh masa periodenya untuk mewujudkan generasi yang berkarakter dan bermartabat.

Seperti yang pernah disampaikan dalam program Ngobrol Pintar (Ngopi) Bareng Pak Walikota, bahwa pendidikan di Kota Magelang harus mampu melahirkan generasi hebat dan berkarakter yang siap memimpin Indonesia dan khususnya adalah untuk Kota Magelang.

Senada dengan visi pak Wali kota, maka SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang terus berproses dalam mengembangkan dirinya sebagai sekolah unggulan dengan dibuktikan prestasi-prestasi yang membanggakan. Tidak hanya siswanya, namun para guru dan kepala sekolahnya.

Bertabur Prestasi Menembus Mimpi

Prestasi membanggakan selalu hadir dalam perjalanan SMP Mutual Kota Magelang. Prestasi ini tidak hanya diraih oleh para siswa-siswi, namun Kepala Sekolah pun memberikan contoh. Ditahun 2022, Wasi'un selaku kepala sekolah mendapatkan penghargaan sebagai kepala sekolah berprestasi ditingkat Kota Magelang. Diakhir tahun 2022, dirinya juga lolos sebagai sekolah penggerak. Satu -satunya sekolah swasta di Kota Magelang yang lolos menjadi sekolah penggerak pada periode pertama. Ini tentu menjadi kesyukuran yang menjadikan SMP Mutual terus memperbaiki diri sebagai wujud mengembangkan sekolah yang paripurna.

Dalam kurun waktu 2 tahun ini, SMP Mutual telah menambah prestasinya lebih dari 300 medali atau piala dari tingkat kota/kab hingga internasional.

"Siswa kami pernah juara panahan dijepang. Ditahun ini juga ada yang juara roket air di Vietnam", papar Dwi Dedi selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan.

Selain itu, beberapa guru juga juara dalam lomba olimpiade. Ada juga 4 guru yang lolos sebagai calon guru penggerak yang rekrutmennya tidak mudah. Ini menunjukkan bahwa komitmen kemajuan di SMP Mutual menjadi sebuah paradigma bersama. 

Prestasi yang menarik inilah menjadi salah satu daya tarik masyarakat mempercayakan putra-putrinya di SMP Mutual. Tentu ini menjadi bagian kontribusi Mutual yang tidak hanya untuk Kota Magelang, namun untuk bangsa dalam melahirkan calon-calon pemimpin hebat.


Mengenalkan Kota Magelang Secara Luas

SMP Mutual Kota Magelang mempunyai 2 program sistem pembelajaran, program fullday dan program boarding (berbasis pesantren). Kehadiran SMP Mutual dengan adanya program boarding dikemas dengan sistem Muhammadiyah Boarding School (MBS). Ini tentu sasaran para siswa tidak hanya di Kota Magelang. Bahkan siswa yang ada saat ini mulai dari Temanggung, Wonosobo bahkan dari Palu dan NTT. Secara tidak langsung, SMP Mutual telah mengenalkan Kota Magelang sebagai daya tarik tersendiri.

"Siswa kita saat ini 40% dari Kota Magelang dan 60% dari luar kota Magelang. Jika yang mengambil program boarding, maka setiap 1 bulan sekali ada penjengukan (pesiar). Secara tidak langsung, SMP Mutual mampu menjadi maghnet orang luar untuk datang ke Magelang", ucap Wasi'un selaku kepala sekolah. 

Lelaki yang juga menjadi nahkoda Pemuda Muhammadiyah Kota Magelang ini juga menuturkan bahwa secara tidak langsung, ini menjadi bagian dari langkah Kota Magelang dapat dikenal dimana-mana. 

"Tidak hanya itu, saat pesiar mereka keluar untuk belanja perlengkapan atau sekedar jajan sehingga dapat meningkatkan ekonomi di Kota Magelang", tandas kepala sekolah yang lolos sebagai program sekolah penggerak.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kota Magelang yang support selalu dalam kegiatan-kegiatan SMP Mutual. Sehingga, perjalanan SMP Mutual saat ini terus melejit merupakan bagian sinergitas persyarikatan dengan pemerintah.

"Selamat atas kepemimpinan bapak Azis dan Mansur pada 2 tahun pertama. Semoga sinergitas selalu terbangun dan tetap maju Kota Magelang sebagaimana visinya yaitunmewujudkan masyarakat yang maju, sehat dan sejahtera", pungkasnya.

Kontributor : Fury Fariansyah


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Didesain Sebagai Sekolah Unggulan, SMP Mutual Terus Berkontribusi Dalam Majukan Pendidikan Di Kota Magelang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel