-->

Feat

Berdayakan Para Penerima Beasiswa, Lazismu Kota Magelang Garap TPA Binaan

Foto : Lazismu Kota Magelang bersama penerima beasiswa dalam melaksanakan kegiatan semarak TPA di Perum Green Java dimoment halal bi halal

SURYAWARTA.COM-Magelang Salah satu implementasi program Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Kota Magelang adalah pilar pendidikan. Program ini diwujudkan dengan pemberian beasiswa kepada keluarga kurang mampu dan bekerjasama dengan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) bidang pendidikan. Sebagai langkah pembinaan, para penerima beasiswa diberikan tugas sebagai relawan Lazismu yang diberdayakan sehingga tercipta iklim positif. 

Andi Triyanto selaku ketua Lazismu Kota Magelang menyampaikan bahwa dengan program beasiswa tentu diharapkan dapat mengurangi angka kemiskinan. Menurutnya, dengan tingkat pendidikan yang layak maka akan membangun paradigma yang maju.

"Selain itu, Muhammadiyah butuh kader yang harus disiapkan. Dengan selalu dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan persyarikatan, secara tidak langsung bisa jadi kader. Meskipun tidak sesederhana itu", tuturnya. 

Dilanjutkan, sinergi program ini sebagai wujud kolaborasi antara AUM dan Majelis Dikdasmen. Selain itu, untuk memberikan pembinaan berkelanjutan tentu menggandeng Majelis Kader Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM).

"Ini merupakan bagian dari hak dan kewajiban yang dibangun oleh Lazismu dan penerima beasiswa. Semoga, gerakan ini mampu menjadi bagian nafas panjang persyarikatan dalam mewujudkan kaderisasi dan juga wujud kebermanfaatan untuk umat", jelas pria yang juga dosen di Universitas Muhammadiyah Magelang.

Ariq Fikria Niagasi selaku Kadiv. Program Lazismu menyampaikan bahwa salah satu program pembinaan untuk penerima beasiswa Lazismu adalah mengelola TPA yang menjadi binaan Lazismu. Salah satunya, TPA At Tiin yang ada di Perum Green Java.

"Kemarin ketika ramadhan mereka membuat kegiatan semarak TPA. Saat ini kebetulan ada halal bi halal warga perumahan dan sekalian memberikan hadiah sehingga lebih meriah", ucapnya.

Dalam acara tersebut, para santri TPA mempersembahkan tampilan  murojaah hafalan yang selama ini sudah dilaksanakan di TPA.

"Ada 2 program beasiswa di Lazismu. Beasiswa Mentari untuk siswa SMA/ SMK dan Beasiswa Sang Surya untuk jenjang sarjana. Sementara itu, para penerima beasiswa Sang Surya yang menjadi komando gerakan dari program binaan yang dilakukan oleh para penerima beasiswa", terangnya.

Rayung Putri selaku penerima beasiswa Sang Surya Lazismu Kota Magelang merasa senang tergabung sebagai penerima beasiswa. Selain bisa melanjutkan kuliah gratis melalui Lazismu, dirinya juga bisa belajar berorganisasi dengan amanah di Komunitas Beasiswa Lazismu. 

"Alhamdulillah, selain mendapatkan beasiswa dari Lazismu, saya menjadi aktif untuk membersamai kegiatan Lazismu seperti mengelola TPA, aktif di kerelawanan dan juga giat-giat dakwah lainnya. Terimakasih Lazismu, semoga banyak orang yang beruntung seperti saya sehingga bisa kuliah dengan gratis", ucap perempuan mahasiswa semester 4 PGSD Unimma.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berdayakan Para Penerima Beasiswa, Lazismu Kota Magelang Garap TPA Binaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel