-->

Feat

Eksplorasi Keaneragaman Hayati, SMP Mutual Adakan Outdoor Activity Di Kebun Raya Gunung Tidar


Foto : Para siswa SMP Mutual sedang mendengarkan pemandu dari Kebun Raya Gunung Tidar saat Outdoor Activity

Selasa (09/05) ratusan siswa kelas VII dan VIII SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang melakukan kegiatan eksplorasi alam keaneragaman hayati yang ada di Kebun Raya Gunung Tidar. Kegiatan ini merupakan serangkaian outdoor activity yang diprogramkan oleh sekolah. Para siswa dikumpulkan dihalaman sekolah sebelum berangkat untuk mendapatkan pengarahan serta Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai penugasan yang nantinya aka dipertanggungjawabkan setiap kelompok yang sudah ditentukan.

Sebelum naik ke atas puncak Gunung Tidar, para siswa mendapat pengarahan dari para guade yang memberikan informasi dan seputar literasi Gunung Tidar. Mereka mendapat petunjuk apa yang harus dilakukan saat nanti menuju perjalanan ke puncak karena ada hewan seperti kera.

Wasi’un selaku kepala sekolah menyampaikan bahwa kegiatan outdoor activity merupakan kemasan pembelajaran merdeka belajar. Mereka dapat mengeksplore alam sebagai media pembelajaran sekaligus wisata edukasi. 

“Belajar tidak harus di dalam kelas. Kreatifitas seorang pendidik menjadi tuntutan karena memang zaman sudah berbeda. Maka inilah pentingnya seorang guru harus pandai berkreasi dan juga merencanakan dengan pembelajaran baik”, tuturnya.


Selain itu, pria kelahiran Temanggung ini juga menyampaikan terimakasih kepada pihak UPT Kebun Raya Gunung Tidar yang sudah memfasilitasi para siswa dari SMP Mutual Kota Magelang.

Selain mengamati keaneragaman hayati, para siswa juga mendapat materi tentang perjalanan sejarah gunung tidar yang menjadi bagian dari literasi budaya. Mereka berkelompok menjadi 5 kelompok dengan dipandu 1 pemandu.

“Selama 3 jam para siswa dipuncak gunung tidar. Mereka melaksanakan pengamatan terhadap tumbuh-tumbuhan di lingkungan Gunung Tidar serta mengenal ekosistem hewan yang ada di lokasi tersebut”. Papar Dwi Dedi selaku ketua panitia kegiatan saat ditemui wartawan.

Ditambahkan, mereka bertanya kepada para pemandu dan juga petugas lapangan. Dirinya berharap para siswa mampu belajar sembari berwisata sehingga tidak menjenuhkan dan praktik langsung.

Salah satu siswa kelas VII, Fathin Mar’I merasa senang dengan kegiatan tersebut. Dirinya berharap Kebun Raya Gunung Tidar dapat menambah koleksi tanaman dan hewan yang dapat membantu kegiatan siswa Ketika ada kegiatan pengamatan dialam bebas.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Eksplorasi Keaneragaman Hayati, SMP Mutual Adakan Outdoor Activity Di Kebun Raya Gunung Tidar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel