-->

Feat

5000 Jamaah Hadir Dalam Shalat Idul Adha Yang Diselenggarakan Oleh Muhammadiyah Kota Magelang

Foto : Ketua PDM Kota Magelang, Prof. H. Rifqi Muhammad, Ph.D saat khutbah di lapangan Tenis Perum. Armada Estate/ dok. panitia lapangan setempat.

SURYAWARTA COM-Magelang Rabu (28/06/2023), sebanyak 5000 jamaah hadir dalam shalat Idul Adha 1444 H yang diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang. Sebagaimana edaran PP Muhammadiyah, pelaksanaan hari raya Idul Adha jatuh pada tanggal 28 Juni 2023. Tersebar di 20 titik lapangan, pelaksanaan berjalan dengan lancar.

Berdasarkan pantauan surya-warta.com, lokasi pelaksanaan shalat Idul Adha tersebut ada di lapangan Abu Bakrin, halaman kantor Dinas Sosial Kota Magelang, lapangan Kwarasan Cacaban,  halaman Taman Badaan, lapangan tenis Perum. Armada Estate, halaman SD N 4 Kedungsari, terminal Kebonpolo, halaman pasar Ngentak, halaman SMP Mutual, halaman SD Mutual 1, halaman SD Mutual 2, halaman Family Swalayan, lapangan Nambangan, lapangan SMA N 4 Kota Magelang, halaman masjid Al Ittihad, halaman masjid Al Latif, halaman masjid Muhajirin, halaman SMA Muhammadiyah 2 Kota Magelang, halaman SD N Magersari 2 dan halaman kampus 2 Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma).

Meskipun berbeda dengan ketetapan pemerintah dalam pelaksanaan hari raya Idul Adha 1444 H yang jatuh pada hari kamis, 29 Juni 2023, pelaksanaan ini tetap dikawal dan dijaga oleh petugas keamanan dari Polresta Magelang dengan menerjunkan personil dari masing-masing polsek setempat. 

Terpisah, Rifqi Muhammad selaku Ketua PDM Kota Magelang menyampaikan bahwa Muhammadiyah sudah biasa dalam menyikapi perbedaan hari raya. Semua tetap berjalan dan selalu koordinasi dengan cabang dan ranting Muhammadiyah selaku penyelenggara shalat Id.

"Kita selalu support dengan cabang dan ranting. Ini menjadi kekuatan dakwah yang harus disyiarkan. Bahkan, dalam periode saat ini PDM akan fokus untuk cabang dan ranting agar terus berkembang membesarkan syiar dakwah", ucapnya disela-sela waktu dalam kegiatan qurban bersama Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Kota Magelang.

Heri salah satu jamaah shalat Idul Adha di halaman Family Swalayan saat ditemui oleh jurnalis surya-warta.com menyampaikan bahwa bagi dirinya berbeda itu sudah biasa. Ini soal keyakinan saja, maka tetap saling menghormati.

"Saya sudah biasa, maka ketika Muhammadiyah berbeda dengan pemerintah, kami biasa saja dan tetangga sekitar sudah memahami", ucapnya.

Dalam shalat Id kali ini, tema yang diangkat adalah soal "Qurban, Sain dan Keadaban Manusia". Disampaikan oleh khatib, menurutnya manusia boleh mengedepankan aspek kemajuan sain yang memudahkan segala bentuk kesulitan manusia, namun jangan sampai melupakan sisi teologis. Tidak semua kebutuhan manusia bersifat duniawi, namun ada sisi religius yang itu adalah campur tangan Allah SWT.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5000 Jamaah Hadir Dalam Shalat Idul Adha Yang Diselenggarakan Oleh Muhammadiyah Kota Magelang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel