BUDAYAKAN MENULIS, SMP MUTUAL ADAKAN PELATIHAN JURNALISTIK




Magelang. Sebanyak 46 siswa-siswi SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang telah mengikuti pelatihan jurnalistik. Dengan rasa antusias siswa-siswi mengikuti kegiatan hingga akhir dan aktif bertanya kepada para pemateri. Kegiatan yang dilaksanakan pada beberapa waktu yang lalu tersebut dilaksanakan di Aula SMP Mutual Kota Magelang selama 2 hari.
            “Sekolah sengaja memfasilitasi para siswa untuk mendapatkan pengalaman dan kompetensi yaitu menulis. Melalui pelatihan jurnalistik ini diharapkan anak-anak mulai gemar menulis, karena dengan menulis anak-anak akan mulai membaca dan ini merupakan bagian dari program literasi”, ungkap Wasiun, M. Pd.I selaku Kepala SMP Mutual.
            Wasiun, M. Pd.I menambahkan bahwa ditengah era dunia digital saat ini, anak-anak mulai meninggalkan dunia tulis dan baca. Hal itu tetntunya menjadi keresahan bersama dimana dunia tulis dan baca mulai tidak menarik. Diharapkan dengan adanya pelatihan jurnalistik ini akan meredam ditinggalkannya budaya menulis dan membaca.
            Selain itu, Fury Fariansyah selaku ketua panita memaparkan bahwa kegiatan jurnalistik itu menyuguhkan materi Be Batter With Writing, teknik menulis berita, teknik pothografi jurnalistik dan praktik menulis novel atau feature. Selain menghadirkan penulis aktif Denik Isrowati, M. Pd SMP Mutual juga menggandeng media cetak Jawa Pos Grup Radar Kedu.
            Zakiya salah satu peserta jurnalistik mengungkapkan bahwa ia merasa senang saat mengikuti kegiatan jurnalistik. Hobynya dalam menulis diary seakan saat itu terwadahi karena ia mampi menulis dan menggabungkan atas beberapa diarynya.
“Kegiatan ini sangat menarik, banyak trik baru yang saya temukan dalan pelatihan jurnalistik hari ini dalam hal menulis. Semakin tambah yakin dan semangat karena menulis itu menggembirakan”, ujar Zakiya. (Kon : FF)

No comments:

Post a Comment

Gunakan LMS, Siswa SMP Mutual Punya Akun Masing-Masing Dalam Pembelajaran Era Pandemi

  SURYAWARTA.COM- Magelang Sampai saat ini, kejelasan untuk masuk sekolah belum pasti. Bukan soal kesiapan atau keberanian, namun kondisi i...