-->

Feat

Membangun Literasi Alam, SMP Mutual Adakan Outdoor Activity Di Puncak Gunung Tidar

Para siswa mengikuti soft outbond sebelum berliterasi

Suryawarta.Com-(Magelang).Proses pembelajaran tidak harus monoton diantara tembok kelas dan deretan kursi. Ratusan siswa SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang beserta guru berbondong-bondong menuju Puncak Gunung Tidar yang terletak di tengah Kota Magelang, kamis (21/03/19). Kegiatan tersebut merupakan salah satu pembelajaran yang dilaksanakan secara outdoor. Bertemakan literasi alam, para siswa diajak untuk menghayati dan mengeksplor alam sebagai media literasi dan mengasah kompetensi menulis siswa.

Wasiun, M. Pd.I selaku Kepala SMP Mutual Kota Magelang mengatakan bahwa kegiatan literasi alam yang dilaksanakan di Puncak Gunung Tidar merupakan salah satu bentuk outdoor activity SMP Mutual karena sekolah sedang ada kegiatan fogging. Diharapkan siswa dapat mengeksplor alam sekitar sebagai media literasi yang nantinya dapat menghasilkan karya sastra puisi atau cerpen yang bertemakan alam.

“Kebetulan di sekolah sedang ada kegiatan fogging dari puskesmas Magelang Selatan, maka para siswa untuk diajak belajar di alam terbuka”, ucapnya.

Wasiun, M. Pd.I kembali menjelaskan bahwa kegiatan literasi alam yang dilaksanakan di Puncak Gunun Tidar tersebut diawali dengan soft outbond sebagai salah satu bentuk penanaman karakter siswa melalui fun game. Para siswa diajak bermain dan mengambil pelajaran dari permainan yang sudah ia lakukan secara bersama-sama. Setelah itu, anak bau diberi kesempatan untuk berliterasi dengan bebas.
 
Siswa sedang berliterasi di alam terbuka
Annisa Fauziyah salah satu siswa kelas VII SMP Mutual merasa senang dengan kegiatan literasi alam tersebut. Ia dapat belajar sambil bermain dan mencari inspirasi secara bebas karena berada di alam terbuka.

“Kegiatan literasi alam ini membuat saya senang karena dapat belajar dengan berefreshing”, ujarnya.(Mgl/Fury)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Membangun Literasi Alam, SMP Mutual Adakan Outdoor Activity Di Puncak Gunung Tidar"

  1. The Internet not just provides you with an expanse of data you needed, simultaneously grows your shopping choices more than ever! Presently, with a couple of snaps of a mouse, you can go online to purchase pretty much anything you want or need.camping on top of car
    can you ride in an rv while driving

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel