Asah Kreatifitas, SMP Mutual Kenalkan Batik Ecoprint

Para siswa menunjukkan hasil karyanya yaitu batik ecoprint

Suryawarta.Com (Magelang) Sudah tidak zamannya lagi, kegiatan perploncoan saat masuk pertama sebagai siswa baru. Kegiatan yang saat ini disebut dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) harus memberikan edukasi positif dan memberikan kesan baik dalam diri siswa. Seperti halnya SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang, para siswa diajak mengasah kreatifitasnya untuk membuat batik ecoprint secara masal dihalaman sekolah, (12/07/19).

Ada banyak ragam dalam membuat motif dalam kain memang, mulai dari menyulam, membatik, menenun, bahkan membordir. Namun, dua tahun terakhir ini sedang ramai teknik membatik dengan cara unik yaitu ecoprint. Membatik dengan cara ini akan menghasilkan warna alami yang dihasilkan dari warna daun.
 
Siswa sedang memukul-mukul daun unt berproses menjadi batik ecoprint
Seventina Saputri, S. Pd selaku guru prakarya menjelaskan bahwa teknik yang digunakan untuk menghasilkan motif ecoprint yakni menggunakan teknik pounding (dipukul). Daun yang telah dikumpulkan lantas dipukul-dipukul di atas lembaran kain putih. Daun itu nantinya akan mengeluarkan warna alami. Lakukan pounding (pukulan) sampai warna yang tercetak di atas kain cukup jelas. Bahkan hingga tampak tulang-tulang daunnya.

“Kami sengaja kenalkan anak-anak batik ecoprint dalam MPLS tahun ini. Saya kira, kalau batik tulis, celup, dan cap anak-anak sudah mengenal. Namun, dengan cara ecoprint ini belum semua anak tahu. Selain itu, ini adalah teknik membatik yang belum banyak dikenal dan pastinya ramah lingkungan. Warna yang dihasilkan bukan menggunakan bahan kimia namun daun asli yang ada dilingkungan sekitar”, ujarnya.
 
Foto : Istimewa
Dalam pungkasnya, ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut senada dengan visi misi sekolah yang menjadikan sekolah berwawasan adiwiyata yaitu cinta terhadap lingkungan. Sehingga sangat tepat jika anak-anak diajak kembali menggunakan barang-barang yang ramah lingkungan.(Mgl/Fury)

No comments:

Post a Comment

Gunakan LMS, Siswa SMP Mutual Punya Akun Masing-Masing Dalam Pembelajaran Era Pandemi

  SURYAWARTA.COM- Magelang Sampai saat ini, kejelasan untuk masuk sekolah belum pasti. Bukan soal kesiapan atau keberanian, namun kondisi i...