-->

Feat

dr. H. Agus Taufiqurrahman, M. Kes : Sekolah Muhammadiyah Harus Mempunyai 3 Karakter Khusus


PP Muhammadiyah saat memberi tausiyah dalam Khutbah Taaruf SMP Mutual
Suryawarta.Com. (Magelang) Kelahiran Muhammadiyah yang sudah lebih dari 1 abad tentu bukan tanpa sebab. Misi dakwah yang terus menggelora menjadikan eksistensi Muhammadiyah terus berkibar dan mencerahkan. Tanpa terkecuali adalah misi dakwah dalam membebaskan kebodohan umat. Muhammadiyah sudah tidak bisa diragukan lagi dalam berbicara pendidikan. KH. A. Dahlan telah memberikan contoh kepada para kader Muhammadiyah bagaimana berproses dalam pendidikan. Sebagai organisasi Islam, maka konsep pendidikan yang diajarkan oleh Muhammadiyah harus selalu berpijak dalam koridor nilai-nilai Islam. Maka mengelola pendidikan Muhammadiyah tidak boleh sembrono dan asal-asalan. Puncak pendidikan yang dikelola oleh Muhammadiyah harus menelorkan 3 karakter yang itu akan menjadi ciri lembaga pendidikan Muhammadiyah. Sekolah Muhammadiyah harus unggul dalam moral dan spiritual, mengedepankan intelektual, dan puncaknya adalah memiliki kepekaan sosial. Demikian kata dr. H. Agus Taufiqurrahman, M. Kes selaku Pimpinan Pusat Muhammadiyah saat menyampaikan tausiyahnya dalam kegiatan Khutbah Ta’aruf SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang Tahun Ajaran 2019/2020 di halaman sekolah, (13/07/19).

Dalam kesempatan tersebut, ia menambahkan bahwa moral dan spiritual lebih utama dari pada intelektual karena sesungguhnya Islam lebih mengedepankan adab. Orang yang secara intelektual bagus, namun tidak beradap maka sesungguhnya mereka seperti orang yang menanam pohon yang daunnya lebat namun tidak berbuah.

“Setelah moral spiritual dan intelektual selesai, sudah seharusnya pendidikan Muhammadiyah harus menghasilkan sikap peduli sosial karena sesungguhnya buah dari spiritualitas dan intelektualitas adalah akhlaq”, Pungkasnya.

Hadir pula dalam acara tersebut Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang, Majelis Dikdasmen PDM Kota Magelang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, Kementrian Agama Kota Magelang, dan Kepala Sekolah Muhammadiyah Se-Kota Magelang.

Wasiun, M. PdI Selaku Kepala SMP Mutual Kota Magelang mengatakan bahwa kegiatan Khutbah Ta’aruf SMP Mutual Kota Magelang tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan diawal tahun pembelajaran kelas VII atau siswa baru. Diharapkan, dengan kegiatan tersebut para wali siswa dapat lebih dekat dan mengenal dengan sekolah serta tetap peduli dengan pendidikan putra-putrinya.
 
Para tamu undangan mengikuti dengan khidmad serangkaian kegiatan khutbah taaruf

Lebih lanjut, Wasiun mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut selain bersilaturahmi, wali siswa sengaja diundang untuk menerima informasi dari sekolah berupa aturan dan panduan akademis serta arah pendidikan yang akan dicapai oleh SMP Mutual.
“Sengaja bapak dan ibu wali murid kami undang dalam acara khutbah ta’aruf agar kita dapat bersilaturahmi. Selain itu, dengan adanya sosialisasi panduan akademik dan aturan sekolah bapak ibu dapat turut mengawal putra-putrinya. Tentu kami tidak akan bisa sendiri dalam memberikan pendidikan dengan hasil maksimal tanpa peran orang tua”, tandasnya.

PDM Kota Magelang yang diwakili oleh Drs. Yatino selaku sekretaris dalam sambutannya memberikan apresiasi luar biasa karena SMP Mutual terus berposes dan berbenah sehingga satu persatu target mulai terlewati. Ia berharap, SMP Mutual bisa menjadi sekolah Islam yang terus dipilih oleh masyarakat karena kwalitasnya.

“PDM Kota Magelang selalu mendukung penuh untuk kemajuan SMP Mutual. Jadilah pelayan pendidikan yang terbaik. Ciri khas tahfidz yang menjadi program unggulan harus terus diasah agar mampu melahirkan para penghafal quran. Namun, tetap ingat bahwa akademis tidak bisa ditinggalkan”, ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang yang diwakili oleh Sahid, M. Pd selaku Kabid Dikdas turut memberikan apresiasi kepada SMP Mutual yang terus berproses dan mewarnai pendidikan di Kota Magelang.

“Kami salut dengan SMP mutual Kota Magelang. Selain kepala sekolahnya muda dan energik, SMP Mutual selalu aktif dalam kegiatan kompetisi atau perlombaan yang diselenggarakan oleh Dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Magelang. Seingat saya, akhir juni juga menjadi Juara II lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR) yang dilaksanakan oleh pemerintah Kota Magelang”, pungkasnya.(Mgl/Fury)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "dr. H. Agus Taufiqurrahman, M. Kes : Sekolah Muhammadiyah Harus Mempunyai 3 Karakter Khusus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel