-->

Feat

TingkatKan Mutu Pendidikan, Muhammadiyah Kota Magelang Adakan Rapat Kerja Bersama Pimpinan AUM


Ketua PDM Kota Maagelang secara simbolis menyerahkan pengesahan RAPBS 2019/2020 kepada Kepala SMP Mutual
 
Suryawarta.Com (Magelang) Memasuki tahun ajaran baru 2019/2020, Majelis Pendidikan dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang menggelar Rapat Kerja Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) bidang pendidikan selama 2 hari di Gedung BPSDM Tanbun Provinsi jawa Tengah, (27-28/07).

Kegiatan yang mengusung tema “Melalui Rapat Kerja Kita Wujudkan Kebersamaan Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah/ Madrasah Muhammadiyah di Kota Magelang Yang Berkemajuan” tersebut di ikuti sebanyak 49 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan wakilnya dari SD/MI hingga SMA/SMK Muhammadiyah Se Kota Magelang.

S. Edi Sucahyo, SE, ST, MT selaku Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kota Magelang mengatakan bahwa hasil Rakornas Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah yang diselenggarakan di Yogyakarta tahun 2018 diharapkan setiap daerah mempunyai AUM yang unggul. Bahkan diharapkan setiap AUM unggul dan mempunyai ciri khas yang berbeda dengan sekolah non Muhammadiyah.

Penandatanganan pengesahan RAPBS sekolah

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa tantangan persaingan diluar lebih ketat. Bahkan sistem zonasi yang dicanangkan pemerintah menjadikan sekolah Muhammadiyah harus punya inovasi dalam bersaing. Meskipun, menurutnya zonasi mempunyai dampak positif bagi sekolah Muhammadiyah yang mampu menawarkan sebuah kualitas yang unggul dan tetap dilirik oleh masyarakat.

Ia menambahkan bahwa ada 4 tantangan nyata yang harus dihadapi oleh Muhammadiyah dalam mengembangkan pendidikan yaitu politisasi pendidikan, globalisasi, ketidakpastian, dan kompetensi SDM. Semua itu menurutnya sebuah tantangan baru yang harus siap dihadapi oleh sekolah-sekolah Muhammadiyah.

“Tantangan dan banjir perubahan tidak bisa dihilangkan, namun kitalah yang harus siap membendung dengan segala inovasi agar tantangan itu berubah menjadi peluang. Sekolah Muhammadiyah harus mampu mengembangkan kreatifitasnya agar sekolah selalu menjual dengan program yang dibutuhkan masyarakat”, tagasnya dalam sambutan pembukaannya.

Suryanto, M. Pd selaku sekretaris Majelis Dikdasmen PDM Kota Magelang juga menambahkan bahwa semangat perjuangan para pendidik dan tenaga kependidikan harus berlandaskan perjuangan. Karena kelahiran sekolah Muhammadiyah yang dicetuskan oleh KH. A. Dahlan bermula atas dasar dakwah Islam yang mencerahkan.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh H. Solichin, S. Ag selaku Ketua PDM Kota Magelang. Ia menegaskan bahwa ukuran keberhasilan sekolah menjadi sekolah unggul adalah ketika sekolah diminati masyarakat.

“Sekolah yang unggul itu sekolah yang diminati masyarakat dan mempercayakan anaknya untuk dididik disekolah tersebut. Benar, berani, bertanggungjawab harus menjadi landasan perjuangan setiap pengelola AUM”, tandasnya.(Mgl/Fury)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TingkatKan Mutu Pendidikan, Muhammadiyah Kota Magelang Adakan Rapat Kerja Bersama Pimpinan AUM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel