Feat

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia : SMP Mutual Bersinergi Dengan Dinkes

Dinas Kesehatan memberikan sosialisasi cuci tangan yang benar

SURYAWARTA.COM MAGELANG - Tanggal 15 Oktober merupakan diperingatinya Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia. Mengapa, hal ini karena mencuci tangan yang benar sangat penting. Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang dapat menyentuh apapun, sehingga rawan untuk menimbulkan penyakit yang disebabkan oleh kuman atau virus yang diakibatkan karena mencuci tangan yang kurang tepat. Hal tersebut disampaikan oleh Sari Palupi, S. Kep. Nurs dihadap siswa SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang saat sosialisasi dalam memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Se Dunia di Aula sekolah, Selasa (15/10/19).

Sari Palupi yang merupakan perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang menjelaskan bahwa saat bersamaan dengan acara tersebut, Dinkes Kota Magelang juga sedang melaksanakan sosialisasi Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun secara masal di Gor Samapta Kota Magelang yang melibatkan semua unsur masyarakat dan peserta didik.

Tambahnya, Dinkes Kota Magelang sengaja melakukan tour ke sekolah-sekolah sejak sebelum tanggal 15 oktober sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat salah satunya dengan cucu tangan yang benar. Menurutnya, selama ini masyarakat belum sadar bahwa cuci tangan yang benar itu menggunakan sabun dan ditempat yang mengalir agar kuman bisa hilang. Oleh karenanya, dengan tour ke sekolah-sekolah diharapkan ada edukasi sejak dini.

“Menyadarkan dan membiasakan hidup sehat itu bukan perkara sederhana. Butuh sebuah kolaborasi dan bersinergi secara intensif dengan lembaga lain. Salah satunya adalah dengan lembaga pendidikan. SMP Mutual salah satu sekolah yang sadar akan pola hidup sehat sehingga kedatangan kami diterima dengan apresiasi yang baik”, ucapnya.


Akmal Mahamida salah satu peserta menjelaskan bahwa kegiatan itu sangat bermanfaat. Karena selama ini kita sering cuci tangan sama dengan menyiram tangan. Padahal tidak, seperti dicontohkan bahwa mencuci tangan harus pakai sabun dan mencuci disela-sela hingga telapak dan punggung tangan.

Wasiun selaku kepala SMP Mutual mengatakan bahwa dalam memberikan edukasi kepada para siswa, SMP Mutual selalu bersinergi dengan lembaga terkait. Diharapkan, dengan bersinergi dengan lembaga terkait para siswa mendapat wawasan baru dan tidak jenuh.

“Terimakasih Dinkes Kota Magelang yang bersinergi dengan SMP Mutual, semoga kegiatan seperti ini bisa berjalan dengan baik dan terus dalam komunikasi berkelanjutan”, ucapnya saat ditemui suryawarta.com.(Mgl/Fury)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia : SMP Mutual Bersinergi Dengan Dinkes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel