Feat

Tingkatkan Kompetensi Relawan : MDMC Kota Magelang Adakan Diklat PPGD

Foto : Relawan MDMC Kota Magelang berpose foto bersama dengan Ketua PDM Kota Magelang

SURYAWARTA.COM-MAGELANG Dalam meningkatkan kapasitas relawan untuk penanganan kegawatdaruratan, Muhammadiyah Disester Center Management (MDMC) Kota Magelang mengadakan pendidikan dan latihan (Diklat) Penanganan Kegawatdaruratan di SMA Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang, Sabtu-Ahad (2-3/11).

Sebanyak 30 peserta, mereka bersama-sama mengikuti diklat dengan materi : One Muhammadiyah One Respon (OMOR), Penanganan Kegawatdaruratan, serta simulasi pendirian barak (hunian darurat).
Foto : Huda Khoirunnahar (MDMC Jateng) memberikan materi OMOR dalam kegiatan tersebut

Huda Khoirunnahar selaku MDMC Jawa Tengah menjelaskan bahwa OMOR harus menjadi kesadaran warga Muhammadiyah. Pelaksanaan respon bencana yang dilakukan oleh Muhammadiyah tak perlu dimasing-masing organisasi otonom (Ortom) membawa beseng sendiri.

"Sejak tahun 2016, Muhammadiyah sudah mulai membangun sistem OMOR. Diharapkan dengan sistem tersebut mampu membawa Muhammadiyah untuk terus berkomunikasi dan menuju pelayanan yang satu pintu dengan bendera persyarikatan", terangnya saat memberikan materi dihadapan relawan MDMC.

Darmawan selaku ketua panitia menyampaikan bahwa harapannya para relawan MDMC pasca diklat akan lebih solid dan terus tanggap serta respon dalam kemanusiaan. 
Foto : Peserta Relawan Camp sedang mengikuti materi dan praktik penangan luka pertama dikepala.

Lebihlanjut, Dar menyampaikan bahwa kegiatan diklat tersebut semula direncanakan di puncak Delimas Kaliangkrik. Namun, diatas saat itu hujan angin dan kabut sehingga harus evakuasi turun dan dilaksanakan di SMA Mutual Kota Magelang.

Kegiatan tersebut ditutup langsung oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang sekaligus menyerahkan seragam MDMC secara simbolis.

"Memakai seragam ini bukanlah hal yang sederhana. Ada beban moral yang harus dipertanggungjawabkan untuk menjadi komitmen dalam mengemban amanah kemanusiaan", kata solichin selaku ketua PDM Kota Magelang dalam apel penutupan.(Mgl/Fury)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tingkatkan Kompetensi Relawan : MDMC Kota Magelang Adakan Diklat PPGD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel