Feat

118 Rumah Rusak ; MDMC Kota Magelang Turut Giat Dalam Tanggap Bencana Puting Beliung Windusari

Foto : Salah satu rumah terdampak di Dusun Kwadaan Desa Girimulyo Windusari/Sumber ; MDMC Kota Magelang)
SURYAWARTA.COM-MAGELANG Bencana alam angin puting beliung melanda desa Girimulyo kecamatan Windusari kabupaten Magelang. Puluhan rumah mengalami rusak ringan dan berat, meskipun tidak ada korban jiwa. Kejadian tersebut terjadi pada sore hari, Sabtu (30/11/19).

Kejadian bencana tersebut membuat peduli beberapa masyarakat maupun relawan 
untuk turut peduli meringankan beban korban termasuk relawan Muhammadiyah Disester Management Center (MDMC) Kota Magelang. MDMC Kota Magelang dibawah komando Darmawan, turut respon pada Ahad (1/12) bersama MDMC Kab. Magelang dan para komunitas relawan dibawah koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Magelang.
Foto : MDMC Kota Magelang turut membantu di dapur umum untuk menyiapkan logistik para korban, pengungsi, dan relawan yang giat pada hari pertama.
Darmawan selaku koordinator MDMC Kota Magelang mengatakan bahwa dalam operasi tanggap bencana tersebut dihari pertama masih fokus kerja bakti dan assessment atas dampak kejadian tersebut. Selain kerja bakti terhadap rumah terdampak, relawan MDMC Kota Magelang juga turut di dapur umum untuk pengungsi sementara dan para relawan yang giat pada hari itu.

"Giat kami bersama BPBD kab. Magelang serta komunitas relawan lainnya ada 2 titik fokus yaitu dapur umum dan kerja bakti dampak angin kemarin yang menimpa rumah. Khususnya kami fokus di dusun Kwadaan Girimulyo", ucapnya .

Bersamaan pula, Bupati Magelang Zaenal Arifin meninjau langsung dan memberikan apresiasi kepada para relawan serta semua pihak yang turut membantu pemerintah dalam penanganan bencana. Termasuk mengapresiasi kepada MDMC dan Lazismu Kota Magelang yang turut giat.

"Terimakasih untuk Laziamu dan relawan Muhammadiyah Kota Magelang yang turut peduli", kata bupati Magelang saat melihat teman-teman relawan MDMC Kota Magelang dengan seragam rompi Relawan Siaga Muhammadiyah.

Dari assessment yang dilakukan oleh MDMC, Valerian selaku anggota MDMC Kota Magelang menuturkan bahwa atas kejadian tersebut terdampak sebanyak 55 rumah di dusun Cepogo dan 66 rumah di dusun Kwadaan Girimulyo. Adapun yang mengungsi dari dusun Kwadaan sebanyak 14 KK. Kebutuhan untuk sementara per 1 Desember 2019 adalah Logisti, tikar, terpal, P3K dan bahan bangunan untuk pemulihan rumah yang menjadi korban.

"Kita berangkat dari kantor PDM Kota Magelang bersama 7 personil dan terjun di wilayah dusun Kwadaan berdasarkan instruksi dan pembagian oleh BPBD Kab Magelang", jelasnya.

Andi Triyanto selaku ketua Lembaga Amil Zakat Infaq Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Kota Magelang mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud One Respon One Muhammadiyah (OMOR) saat terjadi bencana. Apa yang bisa kita berikan dan itu wujud Muhammadiyah dalam mengabdikan diri untuk umat.

"Kita menerjunkan para alumni Sekolah Relawan Siaga (Serasi) Lazismu Kota Magelang yang saat ini tergabung di MDMC Kota Magelang", tandasnya kepada Suryawarta.Com.(Mgl/Fur)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "118 Rumah Rusak ; MDMC Kota Magelang Turut Giat Dalam Tanggap Bencana Puting Beliung Windusari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel