Feat

Muhammadiyah Kota Magelang Adakan Shalat Gerhana

Foto : KH. Abu Ubaidah, BA memberikan khutbah shalat gerhana di masjid At Tanwir Jl. Tidar 21 Kota Magelang

SURYAWARTA.COM-Magelang Kamis, (26/12)  pukul 11.05 WIB  fenomena gerhana matahari cincin (GMC) bisa disaksikan di 25 wilayah di Indonesia termasuk kota Magelang. Namun, bagi umat muslim adanya gerhana bukan sekedar dinikmati oleh mata sebagai kejadian alam yang indah tetapi disunahkan untuk mendirikan shalat gerhana (khusus).


Hal ini yang menjadikan alasan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang mengadakan shalat khusus berjamaah dibeberapa masjid dikota Magelang yang dikelola oleh Muhammadiyah.

Solichin, S. Ag selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang mengatakan bahwa dalam menyambut gerhana matahari, selain disunnahkan untuk mendirikan shalat gerhana juga ada instruksi PP Muhammadiyah yang menginstruksikan untuk mengadakan shalat gerhana di masing-masing daerah.

"Ada instruksi PP Muhammadiyah untuk menyelenggarakan shalat khusus dimasing-masing daerah. Selain sebagai syiar, Muhammadiyah harus mengenalkan kepada umat Islam yang mungkin masih ada yang belum tahu bagaimana dalam melaksanakan shalat khusus", katanya.

Lebih lanjut, Solichin menjelaskan bahwa ada 7 masjid yang dikelola oleh Muhammadiyah menyelenggarakan shalat khusuf bersama. Diantaranya untuk wilayah Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Magelang Selatan : Masjid Jami' Karangkidul (Drs. H. Djam'an Muhyidin), Masjid Tanwir Jl. Tidar (H. Abu Ubaidah, BA), Masjid Fathul Huda Ganten (Drs. H. Widodo), Masjid Al Ittihad Jl. Soekarno Hatta (Drs. H. Tawil, M. Pd). Wilayah PCM Tengah ; Masjid Nurul Ikhlas Bottom (H. Sumaryono) dan PCM Magelang Utara ; Masjid Ukhuwah Islamiah Badaan (H. Solichin, S. Ag), Masjid Al Hikmah Menowo (Drs. H. Widodo Prijanto).

"Alhamdulillah, patut kita syukuri bahwa antusiasme umat Islam dalam menyambut shalat khusuf ini disambut gembira. Buktinya banyak masjid yang mengadakan. Ini menunjukkan bahwa kadar keimanan dan ketaqwaan umat muslim semakin meningkat. Dan tentu itu pasti akan dibarengi dengan perilaku yang positif", pungkas solichin.(mgl/fur)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Muhammadiyah Kota Magelang Adakan Shalat Gerhana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel