-->

Feat

Mutual Robotik Center Tampil Di Pesantren Holiday

Foto : Deni (pengasuh Mutual Robotik Center) SMP Mutual memberikan pelatihan cara pembuatan robot

SURYAWARTA.COM-Magelang Liburan panjang dalam jeda semester membuat tergerak Lembaga Amil Zakat Infaq Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Kota Magelang untuk mengadakan kegiatan pesantren holiday selama 4 hari, Kamis-Ahad (25-29/12)

Kegiatan yang bertajuk edukasi, fun, dan religius itu diharapkan memberikan liburan anak-anak lebih bermakna dan bermanfaat.

Ariq Fikria Nagasi selaku ketua panitia menuturkan bahwa kegiatan robotika dalam Pesantren Holiday ini salah satu materi yang digandrungi oleh peserta. Pasalnya, belum banyak sekolah-sekolah SD/MI di Magelang yang mengajarkan robot kepada para siswanya.

"Selain memberikan rasa yang beda, ini memang materi yang sesuai pada zamannya. Dimana kemajuan teknologi menjadikan tuntutan buat generasi milenial", jelas Ariq diaela-sela kegiatan.

Senada, Arik mengatakan bahwa dalam kegiatan pengenalan robot tersebut panitia menggandeng SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang yang memang mempunyai club robot yang mewadai para siswanya.
Foto : Para peserta Pesantren Holiday saat praktik merangkai komponen robot secara berkelompok.

"Mutual Robotik Center adalah clup robot SMP Mutual yang selama ini menjadi wadah pengembangan potensi siswa melalui ekstrakurikuler, dan kali ini kita gandeng", kata lelaki yang juga mantan Wakil Presiden Mahasiswa UMMagelang.

Deni Susanto, ST selaku pengajar robotik di SMP Mutual tersebut mengatakan bahwa kegiatan robotik di pesantren holiday kali ini mengenalkan Robot Light Follower (robot dengan sensor cahaya).

"Robot Light Follower merupakan robot yang digerakkan dengan sensor cahaya. Maka salah satu yang ada di bagian robot adalah lampu led", jelasnya

Deni menambahkan bahwa model robot seperti ini selain mudah dibuat juga cocok untuk para pemula yang mau belajar membuat robot.

"Diera teknologi, kita harus mengenalkan kepada anak untuk tetap kreatif. Jangan sampai anak hanya kenal gadget yang sifatnya membuat kecanduan. Inilah salah satu alasan SMP Mutual memberi wadah clup robot agar siswa dapat terpacu kreatifitasnya", tandasnya.

Agha salah satu peserta yang berasal dari Salaman Kab. Magelang merasa senang bisa belajar membuat robot.

"Belajar buat robot itu asyik. Kita bisa belajar dari merangkai dan menjalankan dengan bersama-sama", ucapnya.(mgl/fur)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mutual Robotik Center Tampil Di Pesantren Holiday"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel