Feat

Berikan Metode Pendidikan Berbasis Research : SMP Mutual Ajak Siswanya Ke Musium OHD


Foto : Siswa SMP Mutual saat pembelajaran Seni Budaya di Galeri Musium OHD Kota Magelang dalam mengamati karya seni lukis 3 dimensi

SURYAWARTA.COM-Magelang Pendidikan diera melenial menuntut guru untuk terus kreatif agar tercipta iklim pembelajaran yang dapat diterima oleh siswa dengan nyaman dan tentunya menyenangkan. Hal ini yang menjadikan SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang terus berevaluasi dan menyuguhkan pembelajaran yang cocok untuk para siswa-siswinya. Salah satu model pembelajaran yang diberikan oleh guru adalah Based Research. Model pembelajaran Based Research (pendekatan penelitian) adalah siswa diajak untuk mengeksplorasi, mengamati dan merangsang keingintahuannya sehingga dapat menyelesaikan masalah yang ditemukannya. Siswa dituntut aktif, kritis, sehingga tercipta iklim pembelajaran yang interaktif.


Kamis, (9/1/20) kelas IX SMP Mutual diajak untuk mengunjungi Musium OHD yang ada di Kota Magelang. Kunjungan tersebut dalam rangka pembelajaran seni budaya dengan tema Apresiasi Karya Seni Dilingkungan Sekitar.

Seventina, S. Pd selaku guru mata pelajaran seni budaya mengatakan bahwa para siswa sengaja diajak ke Musium Galeri OHD Magelang untuk mengamati hasil karya seni beberapa seniman lukis Magelang. Tuturnya, meski Oei Hong Dji (OHD) bukan seniman, namun dia adalah kolektor barang antik yang menjadi sahabat dekat dengan Seniman Perupa Magelang Alm. H. Widayat sehingga banyak karya lukisnya yang di pajang di galeri OHD. 

"Para siswa kami ajak ke Musium Galeri OHD untuk mengamati dan mengeksplor  serta mengenal karya seni dan barang-barang yang bernilai seni. Ini semacam mini research. Sehingga saya tugaskan untuk bisa mengeksplor yang dipandu oleh penjaga galeri", ujarnya.

Perempuan yang akrap disapa Seven tersebut menambahkan bahwa selain memang sengaja merencanakan kegiatan pembelajaran outing class, pada hari itu juga bertepatan Galeri OHD mengenang peringatan 100 hari meninggalnya seniman perupa Alm. H. Widayat. Sehingga karya lukisnya banyak yang dipajang. 

"Semoga ini menjadi salah satu trobosan SMP Mutual dalam memberikan pendidikan yang menggembirakan. Belajar tak harus dikelas", tandasnya.
Sumber ; SMP Mutual Kota Magelang

Evelyn Aulia Putri, salah satu kelas IX SMP Mutual merasa senang dengan pembelajaran yang cukup menarik. Pasalnya, para siswa bisa mendapat pengalaman langsung. 

"Saya mendapat banyak ilmu tentang karya seni. Ternyata, kadang apa yang kita anggap biasa, dalam pandangan para seniman mempunyai makna dan nilai filosofi tinggi. Seperti halnya saat kami mengamati isi dari galeri OHD", jelasnya.

Evelyn juga merasa senang karena suasana galeri yang cukup menarik, menurutnya ini pembelajaran sembari jalan-jalan.(mgl/fur)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berikan Metode Pendidikan Berbasis Research : SMP Mutual Ajak Siswanya Ke Musium OHD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel