Feat

Gembirakan Generasi Muslim, Lazismu Kota Magelang Mendongeng Bareng Di TPA At Tiin

Foto : Keceriaan para santri TPA At Tin bersama pendongeng nasional Kak Damar (pria berbaju pink)

SURYAWARTA.COM-Magelang Sabtu (25/01/20), Lembaga Amil Zakat Infaq Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Kota Magelang kembali berkolaborasi dengan Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA) At Tiin yang berada di Perumahan Green Java tepatnya di Jl. Cawang Kel. Jurangombo Selatan Magelang Selatan Kota Magelang. Kegiatan tersebut dikemas dengan acara fun game dan dongeng bersama Kak Damar.

Ariq, salah satu eksekutif Lazismu Kota Magelang mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kerjasama TPA At Tiin dengan Lazismu. Menurutnya, salah satu bentuk kerjasama yang dibangun adalah pengelolaan TPA dengan mengirimkan para guru TPA yang dikoordinir oleh Lazismu.

"Ini adalah kegiatan yang kedua kalinya. Sebelumnya sudah pernah dengan konsep yang sama yaitu dongeng", ucapnya. 

Lebihlanjut, Ariq menuturkan bahwa salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk merefresh suasana anak-anak dalam belajar di TPA. Dengan kegiatan seperti itu harapannya anak jadi semangat belajar mengaji dan tidak jenuh. 

Selain kegiatan dongeng, Lazismu memberikan Kaleng Filantropi Cilik (KFC) kepada anak-anak yang diharapkan memberikan edukasi rasa peduli, berbagi, dan gerakan sadar sedekah. Nantinya, kaleng tersebut akan diambil 2 bulan sekali dan dibuka bersama-sama dengan kegiatan-kegiatan kreatif dan menyenangkan yang bernuansa dakwah. 

"Kita biasanya ada outbond, camp santri, dan juga bedah film", jelasnya.

Kegiatan ini juga merupakan program lanjutan dan pembinaan untuk para penerima manfaat dari Lazismu. Sebagaimana para pengajar TPA diambilkan dari para santri dan siswa yang menerima beasiswa pendidikan Lazismu. Diharapkan, selain mereka mendapat manfaat dari amanah umat, sebaliknya dirinya juga dapat bermanfaat untuk umat.

Andi Triyanto, M. SI selaku Ketua Lazismu Kota Magelang mengapresiasi para eksekutif Lazismu Kota Magelang yang memiliki program-program keumatan secara kreatif. Diharapkan, Lazismu yang merupakan lembaga dakwah dan mengurusi dana umat tersebut dapat dipercaya dengan baik. Gerakan filantropi dan keumatan harus menjadi salah satu salusi ditengah berbagai problem umat.
Foto : Kak Damar (kanan/pendongeng nasional) saat memberikan doorprize kepada salah satu santri TPA At Tiin
"TPA saat ini mulai tergerus. Para anak-anak lebih disibukkan dengan permainan modern. Padahal, dulu TPA adalah lembaga pendidikan Al Qur'an yang pernah hebat pada zamannya. Banyak orang-orang dewasa saat ini yang bisa mengaji karena dulu belajar ngaji di TPA. Maka, Lazismu harus hadir dan turut memberi solusi tantangan umat saat ini salah satunya adalah menggerakkan kembali TPA", ujar Andi yang juga dosen UMMagelang.(mgl/fur)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gembirakan Generasi Muslim, Lazismu Kota Magelang Mendongeng Bareng Di TPA At Tiin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel