Feat

Hijaukan Sekolah, SMP Mutual Adakan Program OPOF

Foto : Walikelas dan para siswa menata bunga dalam program One People One Flower
SURYAWARTA.COM-Magelang Salah satu program SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang adalah menjadikan sekolah yang peduli dengan lingkungan atau yang dikenal dengan istilah Adiwiyata. Hal ini dibuktikan dalam misi sekolah dengan dikuatkan prestasi penghargaan tingkat kota Magelang oleh Walikota sebagai sekolah Adiwiyata yang berturut-turut pada tahun 2018-2019.

Dalam berkesinambungan, SMP Mutual terus mencoba untuk mengedukasi kepada seluruh keluarga besar SMP Mutual untuk peduli terhadap lingkungan. Mulai dari bank sampah, program pemilahan sampah, hingga yang terbaru ini adalah program one people one flower (OPOF). 

Kamis (2/1/20), hari pertama masuk sekolah setelah liburan panjang jeda semester genap 2019/2020. Ada hal yang berbeda, para siswa tidak seperti biasanya saat berangkat sekolah. Mereka satu-persatu menjinjing tanaman bunga yang akan diletakkan didepan kelas mereka masing-masing. 
Foto : siswa menata tanaman toga
"Hari ini anak-anak masuk pertama setelah liburan. Pihak sekolah meminta untuk membawa satu tanaman bunga yang sudah dipot dengan bagus. Ini adalah program sekolah untuk menghijaukan  lingkungan", cerita Wasiun, M. PdI selaku kepala sekolah kepada redaksi Suryawarta.Com.

Lelaki yang juga menjabat sebagai Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Magelang itu juga menjelaskan bahwa awal masuk liburan sengaja dibuat beda. Anak-anak membawa bunga yang nantinya akan diletakkan di masing-masing kelasnya. Sehingga, diharapkan setiap anak mempunyai tanggungjawab merawat tanamannya sendiri.

"Selain memberikan kesan asri, sebenarnya ada pesan moral dan karakter dalam pembelajaran tersebut. Dengan anak membawa tanaman dan harus merawat dengan baik, ini akan membangun karakter tanggungjawab dalam diri siswa", ucapnya.

Daniswara salah satu kelas VII SMP Mutual merasa senang dengan program sekolah tersebut. Selain memang dirinya suka tanaman, ini menurutnya memberikan pembelajaran tanggungjawab dalam diri siswa. 

"Sekolah nampak segar karena masing-masing kelas sekarang terasnya ada tanaman hijau. Kami siap merawat", jelasnya.(mgl/fur)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hijaukan Sekolah, SMP Mutual Adakan Program OPOF"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel