Feat

Kunjungi IBS Ar Rahmah Malang, SMP Mutual Belajar Pengelolaan Program Boarding dan Fullday

Foto : Kel. Besar SMP Mutual Kota Magelang berfoto bersama dengan Kepala IBS SMP Ar Rahmah di gedung induk sekolah.
SURYAWARTA.COM-Magelang SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang merupakan sekolah berbasis Islam yang didesain menjadi sekolah unggulan di Kota Magelang. Sebagaimana visinya yaitu mewujudkan generasi yang Islami, Unggul, dan berkemajuan, SMP Mutual terus berkomitmen memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik dalam membingkai generasi masa depan yang siap atas tantangan hari ini.

SMP Mutual merupakan lembaga pendidikan yang memiliki dua program pembelajaran yaitu fullday dan boarding school. Untuk program fullday school kegiatan belajar mengajar (KBM) sampai pukul 15.30 WIB yang diimbangi dengan program pengembangan minat bakat siswa yaitu ekstrakurikuler. Sedangkan, untuk program boarding school pembelajaran berbasis pesantren modern. Hal ini yang melatarbelakangi SMP Mutual untuk terus berevaluasi dalam membawa amanah generasi masa depan. 
Foto : Ust. Salim (kiri/Kepala IBS Ar Rahmah) menerima kenang-kenangan dari Wasi'un, M. PdI (kanan/Kepala SMP Mutual)

Sabtu (25/01/20), Sebanyak 36 peserta yang terdiri dari guru/karyawan dan musyrif/musyrifah menyambangi Islami Boarding School (IBS) Ar Rahmah yang terletak di Kecamatan Dau Malang. IBS Ar Rahmah merupakan lembaga pendidikan dibawah naungan Yayasan Hidayatullah dengan santriwati sebanyak 1400 dengan program tahfidz. 

Terletak disebuah lahan seluas 2 hektar, IBS Ar Rahmah nampak megah dan menjadi lembaga pendidikan dengan suasana yang cukup asri dan representatif.

Wasi'un, M.PdI selaku kepala sekolah mengatakan bahwa alasan SMP Mutual memilih IBS Ar Rahmah Malang sebagai tempat kunjungan kali ini karena ingin belajar mengelola lembaga secara mandiri dan profesional. Pasalnya, IBS Ar Rahmah yang baru berdiri pada tahun 2013 ini dinilai mempunyai percepatan kemajuan yang luar biasa. Seperti halnya pengelolaan mandiri dibidang catering, loundry dan pengelolaan ekonomi dari sekolah untuk sekolah. Disamping itu, kunjungan ini juga menggali pengalaman dalam pengembangan kurikulum boarding yang dirasa cukup bagus.

"SMP Mutual saat ini sedang mengembangkan Class Boarding dengan keunggulan tahfidz. Kami ingin menggali lebih dalam bagaimana struktur kurikulum yang dijalankan dan bisa kita modifikasi sesuai dengan analisis kebutuhan internal SMP Mutual", ucapnya. 

Ust. Salim selaku kepala sekolah SMP Ar Rahmah menyambut baik atas kedatangan SMP Mutual disana. Dirinya memaparkan dan diskusi atas apa yang menjadi keinginan SMP Mutual dalam kunjungan tersebut.
Foto : Rombongan SMP Mutual Kota Magelang mengamati lingkungan asrama IBS Ar Rahmah Malang
"Kami merasa senang atas kedatangan SMP Mutual Kota Magelang ke IBS Ar Rahmah. Selain bisa bersilaturahmi, kita juga saling bertukar ilmu dalam pengelolaan pendidikan. Apalagi, IBS Ar Rahmah juga berdiri baru saja ditahun 2013", ucapnya saat diskusi dan sharing di Aula IBS Ar Rahmah.

Dalam pungkasnya, Wasiun juga menjelaskan bahwa kegiatan kunjungan atau yang dikenal dengan istilah study banding ini memang program sekolah yang rencanakan oleh Koordinator Penjamin Mutu Internal Sekolah.

"Semoga kunjungan ini menjadi bermanfaat dan inspirasi baru yang bisa kita terapkan disekolah secara bersama-sama", pintanya.(mgl/fur)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kunjungi IBS Ar Rahmah Malang, SMP Mutual Belajar Pengelolaan Program Boarding dan Fullday"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel