Feat

Tahun 2020, Lazismu Kota Magelang Targetkan Capaian 1 M

Foto : Andi Triyanto, MSI (dua dari kanan) selaku Ketua Lazismu Kota Magelang saat memberikan sambutan di Rakerda Lazismu Kota Magelang Tahun 2020
SURYAWARTA.COM-Magelang Ahad (9/2), Lembaga Amil Zakat Infaq Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Kota Magelang mengadakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2020 di SD Mutual 2 Kota Magelang. Kegiatan ini menjadi bagian penting Lazismu dalam berkiprah di tahun 2020.

Andi Triyanto, M.SI selaku ketua Lazismu Kota Magelang menuturkan bahwa setelah di tahun 2019 mengambil tema besar Bersinergi Dalam Harmoni, maka di tahun 2020 ini Lazismu memiliki tema besar "Terdepan Dalam Kebaikan". Diharapkan, Lazismu mampu hadir sebagai lembaga zakat terpercaya dan akuntabel dalam mengelola dana umat serta responsif dalam masalah keumatan.

"Pada tahun 2020, Lazismu Kota Magelang mentargetkan capaiannya dalam mengelola dana zakat infaq dan shodaqoh sejumlah Rp. 1.051.000.000,- (satu milyard lima puluh satu juta rupiah). Ini sesuai dengan Indikator Kinerja Amil Lazismu (IKAL) yang telah dibahas dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Lazismu Jateng", ucapnya

Lebihlanjut, Andi menambahkan bahwa nantinya pentasyarufan program Lazismu dapat bersinergi dengan pimpinan majelis/lembaga, cabang, ranting, dan Ortom. 

"Sebagai salah satu pilar dakwah Muhammadiyah, Lazismu diharapkan mampu berkolaborasi dengan seluruh unsur pimpinan setingkatnya yang akan menjadi bagian dari syiar dan dakwah Muhammadiyah serta Islam dalam mengurusi umat", pintanya. 
Foto : H. Solichin, S. Ag selaku ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Magelang saat membuka Rakerda Lazismu Kota Magelang Tahun 2020

H. Solichin, S. Ag selaku ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang meminta bahwa Lazismu harus hadir disaat umat membutuhkan. Dirinya meminta kepada Lazismu untuk dapat menggerakkan kesadaran zakat masyarakat di Kota Magelang khususnya adalah warga Muhammadiyah. Meskipun bahwa potensi zakat bukan hanya di internal Muhammadiyah. Namun banyak orang yang bingung mau kemana dan bagaimana menghitung zakat.

"Amil harus jemput bola dan melayani Muzakki dengan penuh profesional", pesannya kepada amil Lazismu.

Drs. Yatino selaku dewan pengawas meminta kepada Lazismu Kota Magelang untuk membuat laporan pertanggungjawaban secara akuntable kepada masyarakat. Bahwa Lazismu adalah lembaga zakat Muhammadiyah yang mempunyai legal formal karena sudah berbadan hukum.

"Target 1 M itu sedikit. Insya Allah mampu jika Lazismu mampu membuat program yang menarik dan pengelolaan dana zakatnya dikelola secara profesional. Masih banyak masyarakat yang bingung mau zakat kemana. Itu peluang, maka ambillah", ucapnya dalam menyampaikan materi didepan ratusan peserta Rakerda.
Foto : dok. Lazismu Kota Magelang
Dalam kesempatan tersebut, hadir seluruh pleno PDM, PCM, unsur pengurus PC Aisyiyah, Ortom tingkat daerah, pimpinan majelis/lembaga, dan juga kepala sekolah Muhammadiyah.

Capaian yang ditargetkan oleh Lazismu nantinya akan ditasyarufkan melalui 4 pilar yaitu pilar pendidikan, pilar ekonomi, pilar dakwah Islam, dan asnaf penerima zakat sesuai syariat Islam.(mgl/fur)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tahun 2020, Lazismu Kota Magelang Targetkan Capaian 1 M"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel