-->

Feat

Antisipasi Covid-19 : Lazismu dan MDMC Kota Magelang Bentuk Tim Aksi Semprot Disinfektan

Foto : Salah satu relawan MDMC Kota Magelang dalam program penyemprotan disinfektan terkait ikhtiar pencegahan Covid-19 di SMK Muhammadiyah Kota Magelang
SURYAWARTA.COM-Magelang Merespon surat edaran dari Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah tentang pembentukan Pos Komando Penangan Covid-19 (corona) dimasing-masing daerah, maka Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) melaksanakan koordinasi dan pembentukan tim aksi nyata dengan turut mengantisipasi dalam mengurangi penyebaran virus corona tersebut. Aksi nyata yang dilakukan adalah melaksanakan koordinasi dengan Lembaga Amil Zakat Infaq Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu), MDMC, dan Majelis Pelayanan Kesehatan Umum (MPKU) PDM Kota Magelang. Selanjutnya, dibentuklah tim aksi penyemprot disinfektan dengan dikomandoi oleh MDMC Kota Magelang.

H. Solichin, S. Ag selaku Ketua PDM Kota Magelang meminta kepada seluruh unsur pimpinan Muhammadiyah dimasing-masing tingkat untuk dapat memgambil keputusan strategis. Menurutnya, Covid-19 yang telah ditetapkan oleh WHO sebagai pandemik global perlu diwaspadai.
Foto : Bertopi hitam Lazismu, Solichin (Ketua PDM Kota Magelang) memantau langsung giat relawan MDMC dan Lazismu dalam penanganan antisipasi corona 

"Tak perlu terlalu cemas, namun kita juga terlalu lengah. Tetap waspada karena kita tidak yakin bahwa  bahwa kita tidak terpapar oleh virus tersebut", katanya dihadapan para relawan MDMC Kota Magelang saat koordinasi.

Tambahnya, Solichin meminta MDMC selaku relawan Muhammadiyah bisa mengambil peran dengan memperhatikan keselamatan, dan Lazismu bisa membantu dana yang memang harus dikeluarkan dalam bencana keumatan tersebut. 

"Tetap koordinasi dengan MPKU yang memang membidangi tentang kesehatan di Muhammadiyah. Jangan sampai sebagai relawan, justru malah terpapar", pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, H. Saseno, M. Kes selaku ketua MPKU PDM Kota Magelang memberikan edukasi kepada relawan MDMC Kota Magelang tentang bagaimana karakter corona itu sendiri. Diharapkan, dengan edukasi tersebut dapat menularkan ilmunya dimasing-masing keluarga atau komunitas kecil dilingkungannya saat bertemu dengan 1 atau 2 orang.

"Virus akan mampu dikalahkan dengan anti bodi yang kuat. Jangan cemas, karena kecemasan akan melemahkan anti bodi. Tetap makan yang sehat mengandung vitamin C dan olahraga dirumah", pintanya.

Sigit Purnomo selaku Sekretaris MDMC Kota Magelang melaporkan bahwa giat penyemprotan disinfektan yang dilaksanakan MDMC dan Lazismu sasaran utama adalah aset Muhammadiyah yang bersifat fasilitas umum seperti pendidikan dan tempat ibadah. Nantinya, jika target utama sudah terjangkau maka akan ekspansi dibeberapa tempat ibadah atau berdasarkan permintaan dan kerjasama dengan dinas terkait.

"Saat ini pemerintah melalui PMI juga giat, maka kami MDMC Lazismu juga mengoptimalkan aset-aset Muhammadiyah juga. Namun, kami juga siap akan terjun di tempat ibadah atau fasilitas umum lainnya", katanya.
Foto : Relawan MDMC berpose bersama setelah penyemprotan disinfektan di SMP Mutual
Dalam giat 1 hari, Kamis (19/03) di Kota Magelang, yang sudah mendapatkan semprotan disinfektan antara lain SMP Mutual, Masjid Jami Karangkidul, Masjid Tanwir, SD Mutual, SMK Muhammadiyah, SMA Mutual, dan Kantor PDM Kota Magelang. 

"Besok kita giat lagi sesuai dengan jadwal yang dibuat tim dan sesuai kemampuan personil", pungkasnya.(mgl/fur)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Antisipasi Covid-19 : Lazismu dan MDMC Kota Magelang Bentuk Tim Aksi Semprot Disinfektan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel