Feat

Sistem Pembelajaran ELMU Disiapkan Oleh SMP Mutual bekerjasama dengan UMMagelang


Sistem Pembelajaran ELMU Disiapkan Oleh SMP Mutual bekerjasama dengan UMMagelang

SURYAWARTA.COM-Magelang
Menindaklanjuti penandatanganan Momerandum Of Understanding (MoU) SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang dengan Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Magelang (UMMagelang) tentang E-Learning beberapa waktu lalu, SMP Mutual kembali melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek). Kegiatan ini diikuti guru dan karyawan untuk dilatih dalam menyiapkan E-Learning Muhammdiyah (ELMU) yang akan digunakan sebagai sistem pembelajaran di SMP Mutual.

Bertempat di Laboratorium Komputer, Kamis (09/07/20) para guru mendapat pelatihan dari tim Fak. Teknik UMMagelang yang diisi oleh Purwono Hendradi, M. Kom dan Muchtar Hanafi, M. Cs. Bimtek kali ini merupakan kali pertama untuk memetakan fasilitas yang dibutuhkan oleh para guru dalam mengajar nantinya.

Purwono Hendradi, M. Kom selaku ketua tim mengatakan bahwa program ini diluncurkan untuk memberikan solusi dalam pembelajaran daring. Nantinya, sistem tersebut akan memudahkan pembelajaran diera New Normal.

"Meskipun nantinya pembelajaran sudah bertatap muka, ELMU tetap bisa digunakan oleh para guru", tambahnya.

Tidak hanya itu, dirinya optimis bahwa diera digital saat ini pemanfaatan teknologi secara maksimal harus diikuti. Jangan sampai  ketinggalan dan tergerus oleh kemajuan.

"Meski teknologi ada dampak positif dan negatif", paparnya.
Nurul Fadhila, S. Pd selaku tim penjaminan mutu SMP Mutual merasa terbantu dengan adanya pengabdian Fak. Teknik UMMagelang dan mengembangkan ELMU di SMP Mutual. Dirinya berharap, dengan pelatihan tersebut nantinya para guru mampu menambah wawasan dan semakin inovatif dalam mengemas pembelajaran.

"Meskipun peran guru tak bisa digantikan oleh mesin atau teknologi, namun ini menjadi alternatif media pembelajaran. Selain saat pembelajaran online, sistem ini dapat mengembangkan sistem pembelajaran di SMP Mutual yang dapat diterapkan secara offline juga", tandas Wasi'un, M. PdI selaku kepala sekolah.

Dirinya mengatakan bahwa sistem ELMU baru diterapkan di SMP Mutual. Nantinya, pilot project ini akan dikembangkan di sekolah-sekolah Muhammdiyah.

Kontributor : Fury Fariansyah



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sistem Pembelajaran ELMU Disiapkan Oleh SMP Mutual bekerjasama dengan UMMagelang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel