-->

Feat

UMMagelang Laksanakan PKM Iptek Mitigasi Sampah Plastik di SD/MI Se-Kec. Mertoyudan

Tim PKM UMMagelang saat Forum Grup Diskusi (FGD) bersama kepala SD/ MI Se-Kec. Mertoyudan

SURYAWARTA.COM-Magelang Universitas Muhammadiyah Magelang (UMMagelang) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam penerapan Iptek Mitigasi Sampah Plastik pada SD/MI di Kecamatan Mertoyudan. Tim yang terdiri dari Rasidi, M.Pd, Galih Istiningsih, M.Pd dan Ns. Sambodo Sriadi Pinilih, M.Kep menjadikan SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan sebagai central dilaksanakannya program pengabdian.  Kegiatan yang diawali dengan Focus Group Discussion (FGD) dan sosialisasi tentang sampah plastic, jumat-sabtu (3-4/07/20) dihadiri oleh 28 orang peserta perwakilan guru dari SD/MI diwilayah Mertoyudan dan dari Kecamatan lain

Dalam sambutannya,  Samsul Huda, S.PdI selaku kepala sekolah SD Muhammadiyah Inovatif menyampaikan apresiasi atas kemitraan dan antusiasme para peserta dari luar Kecamatan Mertoyudan.  Program mitigasi sampah plastik ini diharapkan mampu menjadikan sekolah menjadi lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan, memunculkan semangat untuk lebih bijak dalam penggunaan barang-barang yang terbuat dari plastik. 

"Semoga para guru dan siswa bisa menjadi contoh teladan bagi masyarakat sekitar dalam perilaku sehat tanpa sampah plastik", terangnya.

Dipilihnya sekolah sebagai mitra dalam pelaksanaan program, seperti yang disampaikan ketua tim Rasidi, M.Pd dikarenakan sekolah sebagai wadah pendidikan.

"Perlu sejak dini menanamkan dan mengembangkan kepedulian siswa terhadap lingkungan hidup.  Ditambahkan pula program yang akan dilaksanakan selama 2 bulan ini bertujuan agar terbentuk sumber daya manusia yang  arif dalam memanfaatkan potensi dirinya guna berbuat untuk menciptakan kualitas lingkungan yang kondusif, ekologis, lestari secara nyata dan berkelanjutan", katanya.

Lebihlanjut, dirinya menambahkan bahwa dengan cara-cara yang simpatik, kreatif, inovatif maka hal ini dapat mengambil nilai-nilai dan kearifan budaya lokal.

Pada akhir FGD, terbentuklah Satuan Tugas bersama dalam komitmen menjalankan Iptek mitigasi sampah plastik dengan rangkaian kegiatan berupa sosialisasi tentang peran guru dalam mitigasi sampah plastik, pelatihan inovasi dan kreasi berbahan sampah plastik, dan implementasi mitigasi sampah plastik disekolah.

Kontributor : Pipin/Fur


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "UMMagelang Laksanakan PKM Iptek Mitigasi Sampah Plastik di SD/MI Se-Kec. Mertoyudan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel