-->

Feat

Gunakan LMS, Siswa SMP Mutual Punya Akun Masing-Masing Dalam Pembelajaran Era Pandemi

 


SURYAWARTA.COM- Magelang Sampai saat ini, kejelasan untuk masuk sekolah belum pasti. Bukan soal kesiapan atau keberanian, namun kondisi inilah yang menjadikan kita untuk tetap patuh terhadap himbauan pemerintah. Dengan demikian, pembelajaran daring serta jarak jauh masih dilakukan. Terlebih, SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang merupakan lembaga pendidikan dalam payung persyarikatan Muhammadiyah sehingga apa yang menjadi keputusan persyarikatan maka harus ditaati.


"Sampai saat ini PP Muhammadiyah belum mengizinkan untuk AUM pendidikan dan perguruan tinggi melaksanakan tatap muka", ujar Wasi'un selaku Kepala SMP Mutual Kota Magelang, Kamis (17/09/20).


Oleh karena itu, SMP Mutual Kota Magelang dalam pembelajaran menggunakan sistem daring Learning Management Sistem (LMS).


"Para siswa mempunyai akun sendiri. Sehingga dapat mengakses pembelajaran sesuai yang sudah dijalankan sampai saat ini", terangnya.


Dalam evaluasi pembelajaran  Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal 2020/2021, sekolah juga menggunakan LMS. Sistem ini berbasis website.


"Kita kembangkan website sekolah secara maksimal", ujarnya. 


Pria kelahiran Temanggung ini juga menegaskan bahwa para guru serta walikelas diminta untuk maksimal dalam melayani para siswa. Sehingga saat siswa kesulitan dapat direspon secara cepat.


"Kita sadar bahwa pembelajaran daring bukan solusi terbaik, namun ini adalah ikhtiar maksimal ditengah kondisi seperti saat ini", imbuhnya.


Aan Setiawan selaku Ketua Tim IT SMP Mutual Kota Magelang menambahkan bahwa para guru diberikan pelatihan. Mereka mempunyai akun sendiri yang dapat diakses sehingga lebih mudah mengontrol.


"Ada beberapa kendala seperti sinyal memang, karena peta siswa SMP Mutual Kota Magelang juga tersebar diluar kota", katanya.


Namun demikian, sampai sejauh ini dirasa aman dan lancar. 


"Kalau ada kendala satu dua itu wajar. Namanya juga buatan manusia. Pasti jauh dari kesempurnaan", pungkas Wasi'un kepada redaksi suryawarta. com.


Dikatakannya, kondusi seperti ini dapat diambil hikmahnya. Bagi guru justru lebih produktif dan belajar terus. Karena, menurutnya ini adalah tantangan baru yang harus solutif. Tidak sekedar mengeluh dengan perubahan.


Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gunakan LMS, Siswa SMP Mutual Punya Akun Masing-Masing Dalam Pembelajaran Era Pandemi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel