-->

Feat

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Kenalkan Kopi Ngrancah Magelang

Foto : Kopi Ngrancah Grabag Magelang

SURYAWARTA.COM-Magelang Setelah beberapa waktu lalu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengenalkan gula aren, kini kembali mengenalkan olahan kopi masyarakat Grabag Kab. Magelang. Kali ini mereka menyambangi pengolahan kopi di Unit Pengolahan Hasil (UPH) Desa Ngrancah Kec. Grabag kab. Magelang.

"Kita melihat salah satu UPH dalam pengolahan kopi", kata Ketua Tim KKN Mandiri Kelompok 72, Hani Ira Kusumawardhani

Bersama tim, para mahasiswa menyempatkan mengunjungi pengolahan kopi. Dirinya melihat bagaimana pengolahan kopi yang mempunyai cita rasa khas dari pemetikan sampai pengemasan.

"Mulai pukul 09.00 WIB, kami diajak melihat bagaimana kopi yang siap dipetik. Warnanya merah, matang, itu yang nanti menjadi bahan kopi nikmat setelah melalui proses", katanya.

Sampai pukul 12.00 WIB, para mahasiswa ini bertanya-tanya dan menggali informasi nilai lebih dari kopi Ngrancah.

Terangnya, dirinya didampingi langsung oleh bapak Hari selaku ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) dan juga bapak Soim selaku bendahanya.

Satu persatu proses dijelaskan. Mulai dari pemetikan, pengupasan, penjemuran dan juga rosting (proses sangrai).

"Dijelaskan, untuk memilah kopi yang bagus dan tidak, setelah pengupasan serta dijemur kopi dimasukkanember yang terisi air. Nantinya kopi yang mengapung berarti kopi yang jelek kualitasnya", ujarnya.

Inilah mengapa, kopi Ngrancah menjadi kopi yang berkualitas. Bahkan harga kopi dari daerah ketinggian kab. Magelang ini mencapai 250.000/ kg. 

"Mereka juga selalu mendapat pelatihan. Pengembangan kelompok tani sabagai cara meningkatkan kualitas pengolahan kopi", paparnya.

Saat ditanya perbedaan dengan kopi lainnya, Soim mengatakan bahwa penanaman kopi diwilayah tersebut berada dalam ketinggalan 800-1200.

"Yang paling nikmat kopi Robustanya", ucapnya.

Diterangkan, kopi ini bisa disajikan dengan cara manual dan mesin ekspreso.

"Keberadaan kami dalam KUB ini merupakan bagian dari meningkatkan daya jual UMKM", lanjutnya.

Kunjungan yang dilakukan oleh para mahasiswa ini tentu mengenalkan produk-produk hasil olahan desa. Harapannya dapat lebih dikenal oleh publik dan menjadi lebih populer.

"Semoga dengan adanya kunjungan ini dapat menambah publik semakin kenal dengan kopi Ngrancah. Pasalnya, selain kita bantu rilis di media, juga kita post dimedsos", ucap kembali ketua Tim KKN Mandiri UIN Walisongo kelompok 72.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mahasiswa KKN UIN Walisongo Kenalkan Kopi Ngrancah Magelang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel