-->

Feat

Dua Tim SMP Muhammadiyah 8 Bandung Lolos Final Kompetisi Kihajar STEM Tingkat Nasional

Foto : Sumber ; SMP Muhammadiyah 8 Bandung

SURYAWARTA.COM-Nasional Rasa bangga dan haru dirasakan oleh segenap guru dan siswa SMP Muhammadiyah 8 Bandung, setelah dua tim perwakilan sekolahnya berhasil menembus partai final dan menyisihkan ribuan pelajar dari berbagai sekolah, dalam ajang KIHAJAR STEM yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan RI secara daring.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMP Muhammadiyah 8 Bandung, Cepi Aunilah mengatakan, capaian prestasi tim perwakilan sekolah, yang terdiri dari Raihan Aulia Rahman, Sabrina Dewi Anggraeni, Fikri Bil Khairansyah (Tim Kelas 8), serta Moch. Albani Arbazena, Dyah Zhafira Wibowo, Raihan Majid Daniswara (Tim Kelas 9) terasa penting dan begitu berkesan.

Terlebih, ajang tersebut, baru pertama kali diikuti oleh para siswa dari sekolah yang berlokasi di Jalan Kadipaten Raya, Kecamatan Antapani, Kota Bandung tersebut.

"Meskipun baru pertama kali, tapi anak-anak mampu menunjukan kualitasnya dari hasil pembelajaran STEM yang telah kami mulai sejak tahun 2013 lalu dengan bekerja sama dengan Universitas Pendidikan Indonesia. Apalagi tujuan ajang kompetisi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berbasis STEM ini, untuk meningkatkan kemampuan literasi, numerasi, pendayagunaan TIK dan pendidikan karakter pada siswa," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Senin (2/8/2021)

Cepi menuturkan, dalam ajang ini SMP Muhammadiyah 8 Bandung tidak sendiri sebagai wakil Jawa Barat yang mampu menembus tahap final, karena ada juga tim dari SMPN 5 Bandung. Dalam tahapan final, yang akan digelar mulai tanggal 25 Juli sampai 7 September mendatang, para peserta akan dituntut untuk menguras energi dan juga konsentrasi.

Sebab, agenda tahapan final dibagi dalam tiga proses, pertama adalah problem solving, kedua video tema, dan ketiga adalah presentasi. 

Pada tahapan problem solving para finalis akan mengerjakan beberapa soal yang berkaitan permasalahan yang harus dicarikan alternatif solusi oleh para peserta.

Di samping mengerjakan soal, peserta juga diwajibkan untuk mencari satu penyelesaian masalah yang telah diberikan. 

"Dalam tahapan penyelesaian tersebut, para peserta harus bisa menerapkan metode EDP (Engineering Design Process) pada tahapan penyelesaiannya. Kegiatan dalam menemukan solusi atas permasalahan tersebut, wajib untuk dibuatkan video kegiatan. Pada tahap ini peserta wajib menyelesaikan hingga tanggal 8 Agustus 2021," ucapnya.

Selanjutnya, selesai tahapan problem solving, para peserta harus menyelesaikan proyek video tema. Dalam menyelesaikan video tema sebetulnya sama dengan cara penyelesaian pada tahapan problem solving. Hanya saja, penyelesaian permasalahan pada video tema akan dipresentasikan pada tahapan ketiga yaitu presentasi. 

"Pada tahapan video tema ini, peserta harus bisa menjawab permasalahan yang ditimbul dari tema-tema yang sudah ditentukan, salah satunya adalah tentang lingkungan hidup. Metode EDP (Engineering Design Process) pun masih menjadi metode yang digunakan, Tahapan video tema akan dilaksanakan pada 15-29 Agustus 2021," ujarnya.

Tahapan ketiga merupakan tahapan akhir dari final Kihajar STEM 2021 dilaksanakan pada tanggal 13-17 September 2021. Pada tahap ini peserta akan diminta untuk mempresentasikan hasil temuan dan juga penyelesaian masalah yang telah ditemukan dihadapan para juri. Pada tahap ini para peserta akan dinilai dari apa yang telah dilaksanakan di tahapan Video Tema. 

Pokok penilaian ajang Kihajar STEM termasuk dalam tahap final ini adalah Collaboration, Communication, Creativity dan Critical Thinking. Untuk itu para peserta dituntut untuk mampu menerapkan keempat aspek tersebut dalam tahapan-tahapan pengerjaan tugas dalam tahap final ini.

"Semua hal yang berkaitan dengan empat hal tersebut harus mampu tergambar baik itu dalam proses video (pada tahapan problem solving) dan juga dalam proses presentasi.M aka dari itu konsep 4C menjadi penilaian yang sangat tepat dalam menentukan tim mana saja yang layak untuk menjadi pemenang. Mudah-mudahan, anak-anak mampu melakukannya dengan baik, sehingga tim SMP Muhammadiyah 8 Bandung mendapatkan hasil terbaik dalam KIHAJAR STEM tahun ini," katanya.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dua Tim SMP Muhammadiyah 8 Bandung Lolos Final Kompetisi Kihajar STEM Tingkat Nasional "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel