-->

Feat

Siapkan Generasi Penghafal Al Qur'an, SMP Mutual Adakan Ujian Tahfidz Terbuka

Foto : Ratusan santri MBS SMP Mutual Kota Magelang saat mengikuti pembukaan ujian tahfidz

SURYAWARTA.COM-Magelang Ratusan siswa SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang mengikuti Ujian Tahfidz Terbuka. Kegiatan ini merupakan langkah membentuk para generasi penghafal al qur'an yang ada di SMP Mutual. Dari peserta sebanyak 223 siswa ini merupakan siswa SMP Mutual yang ikut program boarding school. Pasalnya, salah satu target lulusan dari kelas boarding ini minimal hafal 3 juz selama 3 tahun.

Dalam sambutannya, Ahmad Haryanto selaku Direktur Boarding menjelaskan bahwa lulus dari SMP Mutual, targetnya minimal menyelesaikan hafalan 3 juz.

"Namun demikian, sudah ada yang hafal 6 juz meskipun baru kelas VIII. Ini merupakan prestasi yang membanggakan", jelasnya.

Para siswa diuji hafalannya setelah setiap hari murojaah dan setoran hafalan kepada para musyrif dan musyrifah.

Diruang kerjanya, Wasi'un selaku kepala sekolah menyampaikan bahwa di SMP Mutual ada 2 program pembelajaran, fullday school dan boarding school.

Dikatakan, bahwa para siswa yang mengambil program boarding mempunyai target hafalan 3 juz minimal nantinya saat lulus. Meskipun demikian, program fullday tetap ada target hafalan namun ayat-ayat pilihan.

"Semoga dengan program tersebut, lulusan SMP Mutual mempunyai pembiasaan untuk dekat dengan al qur'an", pintanya.

Kegiatan diawali dengan khutbah hanazah oleh pengasuh tahfidz Muhammadiyah Boarding School (MBS) SMP Mutual Kota Magelang, Iqbal Wijdani.

Disampaikan dihadapan ratusan santri, ustadz yang akrab disapa Iqbal ini menjelaskan bagaimana Allah SWT memberikan keistimewaan bagi para penghafal al quran. Selain mendapatkan pahala dalam setiap hurufnya dalam menghafal al quran, satu diantaranya adalah nantinya kelak akan mendapatkan mahkota disyurga untuk dipakaikan kepada orang tuanya.

"Jangan pernah lelah belajar al qur'an. Setidaknya, lelahnya dalam belajar al qur'an akan memberikan kebahagiaan dihari esok kelak saat dimana semua timbangan kebaikan ditimbang oleh Allah SWT", tuturnya.

Dari ratusan siswa itu, ada 1 siswa yang mendapatkan penghargaan penghafal terbaik. 

"Penghargaan itu bukan semata-mata dinilai dari hadiahnya. Namun, lebih dari itu dapat memotivasi para siswa yang lain", ucapnya kepada wartawan surya-warta.com

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Siapkan Generasi Penghafal Al Qur'an, SMP Mutual Adakan Ujian Tahfidz Terbuka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel