-->

Feat

Dampingi Desa Candirejo Borobudur, Ini Yang Dilakukan Oleh PPMT VI Unimma

 

Foto : Foto bersama mahasiswa PPMT UNIMMA bersama pengurus Koperasi Desa Candirejo

SURYAWARTA.COM-Magelang Salah satu langkah Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) dalam memberikan pengabdian kepada masyarakat yaitu melalui Program Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT). Program ini senada dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN). 

Dalam kesempatan ini, Unimma menerjunkan program PPMT VI di Desa Candirejo Borobudur Magelang. Tim yang beranggotakan : Lutfia Aurel Fadila (Akuntansi), Annisa Era Dwi Gianti (Akuntansi), Shania Pasha Indrayanti (Akuntansi), Inka Ayu Maulina (PGSD) dan Niken Wulandari (PGSD) ini diharapkan nantinya mampu memberikan kontribusi positif yang sekiranya bermanfaat untuk desa.

Lutfia Aurel Fadila selaku Ketua Kelompok PPMT mengatakan bahwa dalam penerjunan ini melakukan analisis masalah terlebih dahulu sebagai bidang garap yang nantinya menjadi program PPMT. Menurutnya, ada dua bidang garap yang akan menjadi konsennya.

"Setelah kita menganalisi, ada dua hal yang akan kita garap. Pendampingan pengelolaan laporan keuangan Koperasi Desa dan Pengelolaan TPQ (Taman Pendidikan Al Qur'an)", ucapnya kepada jurnalis, Senin (21/02/2022).

Sebagai salah satu Desa Wisata, Candirejo mempunyai koperasi yang mengelola beberapa obyek wisata. Tidak hanya itu, koperasi ini juga bergerak melayani masyarakat sekitar dalam bidang sembako.

"Sistem laporan keuangan koperasi memang sudah terkomputerisasi, namun belum sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK)", ujarnya.

Ditambahkan, langkah yang dilakukan memberikan pelatihan kepada para karyawan koperasi dengan mengoptimalkan sistem dan penggunaan pivotable agar dapat membuat laporan yang lebih mudah dan akuntabel.

Tidak hanya itu, Tim PPMT Unimma juga menggarap TPQ yang ada di Dusun Sangan. Menurutnya, masih ada anak-anak yang kesulitan dalam baca tulis al quran.

"Kita juga pendampingan di TPQ. Semoga dengan bersinergi dan kedatangan kami ini mampu bermanfaat dan memberi dampak yang signifikan", harapnya.

Tatak Sariawan selaku Ketua Koperasi Desa menyampaikan terimakasih atas ilmu yang diberikan oleh mahasiswa PPMT VI Unimma. Menurutnya, ini akan menjadi bahan evaluasi dalam kemajuan desa.

"Terimakasih untuk adik-adik mahasiswa. Semoga apa yang diberikan kepada kami nantinya bermanfaat dan koperasi ini juga lebih maju lagi", jelasnya.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dampingi Desa Candirejo Borobudur, Ini Yang Dilakukan Oleh PPMT VI Unimma"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel