-->

Feat

Gelar Penilaian P5, Siswa SMP Mutual Wujudkan Banyak Karya

 

Foto : Siswa kelas VII SMP Mutual sedang membuat project penyaring air keruh menjadi jernih

SURYAWARTA.COM-Magelang SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang menggelar kegiatan penilaian berbasis project. Hal ini sebagai implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Kegiatan yang diselenggarakan selama 3 hari ini dilaksanakan dengan sistem blok yang digunakan oleh masing-masing guru mata pelajaran.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMP Mutual, Krismantya menjelaskan bahwa kegiatan dilaksanakan dengan sistem blok agar lebih mudah dan bersama-sama. Kegiatan dilaksanakan sejak rabu-jum'at (23-25/11) dengan masing-masing kreatifitas guru mata pelajaran.

"Ini merupakan kali pertama dalam implementasi kurikulum merdeka. Para guru mengaitkan pembelajaran dengan besic praktik. Selain itu, para siswa juga merasa senang karena pembelajaran tidak jenuh didalam kelas dan teoritis", tuturnya.

Wasi'un selaku kepala sekolah menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi para guru yang sudah memberikan stimulus yang bagus. Mengkaitkan pembelajaran teoritis dengan diimbangi secara praktik. 

"Ternyata anak-anak sangat kreatif. Saya lihat ada yang membuat berita dengan bahasa jawa seolah-olah seperti reporter TV. Ada juga yang praktik IPA membuat penyaringan air keruh menjadi jernih dengan bahan sederhana", ungkapnya.

Isna selaku guru IPA saat ditemui menyampaikan bahwa dalam gelar karya ini dirinya memilih memberi tugas para siswa untuk membuat alat penyaring air sederhana karena sesuai dengan materi pembelajaran. Selain itu juga mudah untuk mencari bahan-bahannya.

"Kita cukup pakai barang bekas seperti botol aqua, arang, pasir, batu dan juga tisu. Anak-anak bisa praktik langsung dan berhasil", jelas guru muda asli Temanggung

Salah satu siswa kelas VII, Princesia menjelaskan dirinya cukup senang. Selama 3 hari pembelajaran full praktik dengan berbeda-beda. Hanya yang bikin repot harus menyiapkan bahan-bahan praktik.

"Kita senang. Pembelajaran full praktik langsung dan saling kerjasama", pungkasnya.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gelar Penilaian P5, Siswa SMP Mutual Wujudkan Banyak Karya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel