-->

Feat

Respon Cepat Gempa Cianjur, Ini Yang Dilakukan Oleh Muhammadiyah

Foto : Posko layanan Muhammadiyah melalui MDMC-Lazismu dalam respon gempa Cianjur, (Sumber : MDMC)

SURYAWARTA.COM-Nasional  Sejak hari pertama terjadi bencana, Muhammadiyah merespon cepat dalam kejadian gempa Cianjur. Melalui relawan Muhammadiyah, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan didukung oleh Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu), tanggap darurat telah dilakukan. 

Indrayanto selaku Koordinator Devisi Tanggap Darurat Rehabilitasi dan Rekonstruksi (TDRR) MDMC PP Muhammadiyah menyampaikan bahwa Muhammadiyah telah mendirikan Pos Koordinasi (Poskor) di Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kab. Cianjur.

"Tahap awal kita fokus pada dasar seperti layanan kesehatan, hunian, air bersih dan logistik makanan", terangnya, Senin (21/11/2022).

Menurutnya, layanan medis untuk saat ini menjadi prioritas. Pasalnya, dilapangan jumlah korban cukup banyak. 

"Tahap awal tim medis yang dikirim dari RS. Muhammadiyah Bamdung dan RSI Jakarta Pondok Kopi. Rencananya akan bertugas sampai tanggal 29 November 2022", terangnya.

Tahap selanjutnya, akan memperluas layanan bagi warga terdampak dalam pendampingan psikososial dan pendidikan darurat. Menurutnya, kedua hal itu sangat penting karena pemulihan psikologis dan juga banyak korban anak-anak.

"Tentunya Muhammadiyah akan selalu berkoordinasi dengan pemangku kebijakan. Salah satunya adalah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Mobilisasi sumber daya Muhammadiyah tentu sesuai kebutuhan dan keahlian. Assessment terus berjalan sebagai data langkah bergerak", ucapnya.

Lazismu juga langsung bergerak sebagai supporting sistem dalam penggalangan dana. 

Berdasarkan data BNPB per 22 November 2022, setidaknya ada 268 jiwa yang telah meninggal dunia. 

Untuk masyarakat yang ingin membantu, dihimbau dapat menyalurkan kepada lembaga sehingga dapat terpetakan secara jelas dan tepat sasaran. Salah satunya Lazismu sebagai tangan panjang filantropi Muhammadiyah.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Respon Cepat Gempa Cianjur, Ini Yang Dilakukan Oleh Muhammadiyah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel