-->

Feat

Gempa Bantul, Muhammadiyah Gerak Cepat Terjunkan Tim Assessmen

 

Foto : Salah satu rumah warga di Purworejo terdampak gempa, Jum'at (30/06/2023)

SURYAWARTA.COM-Nasional Gempa Magnitudo 6,4 menggunjang wilayah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tepat pukul 19.57 WIB, Jum'at (30/06/2023).

Gempa Bantul ini dirasakan tidak hanya diwilayah DIY, namun hingga diwilayah beberapa daerah di Jawa Tengah. 

BMKG merilis episenter gempa diwilayah 86 km Barat Daya Bantul-DIY dengan kedalaman 25 km. Beberapa daerah Jawa Tengah dirasakan mulai dari Magelang, Semarang hingga Banyumas.

Perkembangan terkini dihimpun  sampai Pkl. 23.00, laporan dari Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) BPBD DIY dampak kejadian di Gunung Kidul 19 rumah rusak, 5 titik fasilitas pemerintah, 1 tempat ibadah, 1 tempat pendidikan. Sedangkan di wilayah Bantul ada 3 rumah rusak, 1 titik tempat pendidikan. Untuk Kulonprogo sendiri ada 1 fasilitas kesehatan yang rusak.

Abdul Muhari selaku Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi BNPB menyebutkan bahwa beberapa warga dibeberapa wilayah merasakan guncangan kuat. 

"Guncangan kuat dirasakan diwilayah Bantul, Kulonprogo, Gunung Kidul, Klaten dan kebumen", katanya.

Sementara itu, Muhammadiyah melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) menginstruksikan daerah yang merasakan gempa dapat melakukan assessmen secara cepat. Nantinya akan menjadi data dan penangan lanjutan.

"Hasil assessmen akan menjadi rujukan penanganan lanjutan", ujar Budi Santoso selaku Sekretaris MDMC PP Muhammadiyah.

Foto : Relawan Muhammadiyah (MDMC) Purbalingga gerak cepat untuk assessmen

Hasil assessmen MDMC Purworejo, dilaporkan ada 3 rumah yang rusak. Rumah milik Sandi Utomo (Dsn. Katerban RT. 3/ 1 Donorejo Kaligesing Purworejo) dengan kondisi atap roboh dengan kerugian diperkirakan 10 juta, Legiman (Dsn. Katerban RT. 3/ 1 Donorejo Kaligesing Purworejo) dan Hanafi (Dsn. Katerban RT.6/1 Donorejo Kaligesing Purworejo).

Untuk saat ini dilaporkan korban jiwa nihil. Sedangkan, warga terdampak sementara mengungsi di rumah tetangga terdekat.

Sedangkan untuk MDMC Purbalingga juga terjun ke lapangan langsung untuk assessmen. Sementara, dilaporkan beberapa tembok rumah ada yang roboh. Adapun saat ini, masih fokus pendataan.

Kontributor : Fury Fariansyah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gempa Bantul, Muhammadiyah Gerak Cepat Terjunkan Tim Assessmen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel